nusabali

Portugal dan Spanyol Kukuh di Puncak

Ronaldo Jauhi Messi di Daftar Top Skorer Timnas

  • www.nusabali.com-portugal-dan-spanyol-kukuh-di-puncak

WARSAWA, NusaBali - Dua raksasa Eropa, Portugal dan Spanyol sama-sama meraih kemenangan dan kukuh di puncak klasemen sementara pada matchday ke-3 UEFA Nations League 2024/2025.

Portugal sukses melanjutkan tren positif di UEFA Nations League 2024, usai menang 3-1 atas tuan rumah Polandia di Stadion Norodowy, Warsawa, Minggu (13/10) dinihari WITA. Bintang Portugal Cristiano Ronaldo mencetak satu gol, lalu dua gol lainnya dibuat Bernardo Silva dan bunuh diri Jad Bednarek. Sedangkan gol Polandia dibuat Piotr Zielinski.

Berkat tambahan tiga poin itu, Portugal kukuh di puncak klasemen League A Grup 1 UEFA Nations League, dengan raihan sembilan poin. Sedangkan Polandia tertahan di peringkat ketiga dengan tiga poin.

Meski bermain di kandang lawan, Portugal tampil dominan sejak awal pertandingan dan menekan pertahanan tuan rumah. Namun, Polandia mampu bertahan dengan solid.

Portugal memecahkan kebuntuan pada menit ke-26. Berawal dari Bruno Fernandes yang memantulkan umpan panjang, lalu bola disambar Bernardo Silva dan berbuah gol. 

Tim tamu menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Aksi Rafael Leao menggiring bola dari tengah lapangan hingga kotak penalti, lalu melepaskan tembakan yang mengenai tiang gawang. Bola rebound disambut Ronaldo jadi gol.

Di babak kedua, Polandia mencoba mengambil inisiatif serangan. Usaha Polandia lewat Piotr Zielinski di menit ke-78 berbuah gol. Usai gol itu Polandia kian bersemangat. Namun gawang mereka kebobolan lagi, setelah Bednarek memotong umpan Leao membuat bola masuk ke gawang sendiri.

Kemenangan Portugal juga mengukuhkan Ronaldo memimpin daftar top skor di Timnas, sekaligus menjauhi kejaran Lionel Messi. Dengan sumbangan satu gol, kini Ronaldo mencetak 133 gol dalam 215 laga resmi bersama Timnas Portugal. 

Tidak ada pemain lain yang melampaui kesuburan CR7 dalam sejarah sepakbola internasional. Bahkan Lionel Messi menempati posisi kedua daftar top skor di laga internasional, dengan 109 gol dalam 188 kali tampil bersama Timnas Argentina, atau terpaut 24 gol dari Ronaldo. Di posisi ketiga legenda Iran Ali Daei dengan 108 gol dari 148 laga. 

Sementara itu, Spanyol menang tipis 1-0 saat menjamu Denmark pada matchday ke-3 League A Grup 4 UEFA Nations League di Stadion Enrique Roca, Murcia, Minggu (13/10) dini hari WITA. Gol kemenangan Spanyol dicetak gelandang Martin Zubimendi di babak kedua.

Hasil ini membuat Spanyol merebut posisi puncak klasemen dari Denmark. Kini La Furia Roja mengumpulkan tujuh poin dari tiga laga, unggul satu poin dari Denmark di posisi kedua klasemen. 

Kemenangan atas Denmark melegakan pelatih Spanyol Luis de la Fuente. Tapi, masih ada PR yang harus dikerjakan sebelum menjamu Serbia pekan depan. De La Fuente tetap memberikan catatan untuk permainan Spanyol terutama di babak pertama. 

Andaikan Spanyol main lebih baik sedari awal, mereka tak perlu menunggu gol hingga 10 menit akhir. Apalagi lawan berikutnya Serbia pada Rabu (16/10) dinihari WITA, yang punya kualitas skuad tak jauh beda dengan Denmark. Pada pertemuan di Belgrade bulan lalu, Spanyol diredam 0-0.

"Kami harus memperbaiki banyak hal sebelum bertemu Serbia (di Cordoba hari Selasa). Kami harusnya lebih intens, lebih punya tempo dalam umpan-umpan kami,"kata De La Fluente. *

Komentar