nusabali

Gung Bagus Raih Juara I Ajang Teruna Teruni Bali Cilik 2024

  • www.nusabali.com-gung-bagus-raih-juara-i-ajang-teruna-teruni-bali-cilik-2024

DENPASAR, NusaBali.com - Anak Agung Ngurah Bagus Parama Bramanta Adi berhasil menyandang selempang emans Teruna Cilik Provinsi Bali 2024 setelah ditasbihkan menjadi juara 1 Kategori A (SD kelas 1-3) dalam acara yang diselenggarakan di Living World Denpasar, Minggu (13/10/2024) malam.

Mengusung tema ‘Nangun Sajjana Labdagati,’ acara Grand Final Teruna-Teruni Bali Cilik 2024 yang juga dihadiri Pembina Paguyuban sekaligus anggota DPD RI 2024-2029 Dr. Shri I.G.N. Arya Wedakarna M.W.S. III, S.E., (M.Tru), M.Si. menjadi ajang kemegahan bagi generasi muda Bali. Acara yang digagas oleh Paguyuban Teruna Teruni Bali ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda sebagai Duta Wisata Bali sejak dini, memberikan platform bagi anak-anak Bali untuk menunjukkan bakat dan prestasi mereka.

Gung Bagus, sapaan akrabnya, mengungkapkan rasa senang dan bangga bisa mengikuti ajang ini. Bocah berusia 6,5 tahun ini, bahkan tampak tak menyangka bisa keluar sebagai winner mengalahkan puluhan peserta lainnya. 

Keberhasilan Gung Bagus dalam ajang Teruna Teruni Bali Cilik 2024 ini juga tidak terlepas dari bimbingan Kak Ryan Indra Darmawan, Mentor dari Luh Muani Academy. Persiapan selama dua bulan melibatkan banyak unsur dari team official, termasuk pecalang Desa Adat Tonja, cheerleader sekolah, seniman Jegeg Mekatik, serta keluarga yang senantiasa mendampingi Gung Bagus. Dukungan penuh dari mereka membuat setiap langkah persiapan semakin maksimal.

"Dari awal latihan, persiapan busana, properti seperti keris dan slop, hingga tim pendukung sudah terencana dengan matang selama dua bulan ini," ujar Chairman Luh Muani Academy, Ryan Indra Darmawan, seraya mengatakan total ada 66 orang supporter yang hadir mendukung Gung Bagus dalam grand final ini.

Ryan juga menceritakan bahwa satu minggu sebelum kompetisi, Gung Bagus diliburkan dari sekolah agar bisa berlatih secara maksimal, dengan latihan dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore. "Bahkan H-seminggu, Gung Bagus diliburkan dari sekolah untuk fokus latihan dua kali sehari (pagi dan sore). Dan pastinya saya cukup puas dengan penampilannya di atas panggung. Apresiasi dengan segala kerja kerasnya di anak yang seusia 6 tahun, saat anak-anak lain masih bermain-main, Gung Bagus sudah berkompetisi dengan baik dan mampu bersaing," tambah Ryan dengan bangga.

Luh Muani Academy, tempat Gung Bagus berlatih, adalah lembaga yang berfokus pada pengembangan soft skill seperti public speaking, catwalk, dan kepribadian. Awalnya, Gung Bagus mengikuti lomba modelling dan fashion show, dan selama ini ia telah meraih banyak juara. 

“Ajang Teruna Teruni Bali Cilik ini adalah ajang yang memang puncak ya, level regional bali. Harapan saya ke depan semoga Gung Bagus bisa berkompetisi di tingkat kancah internasional mengharumkan nama Bali,” ucapnya. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa ada beberapa ajang tingkat nasional sudah direncanakan untuk diikuti oleh Gung Bagus dalam waktu dekat ini.


Dukungan spesial juga datang dari Winner Miss Universe Indonesia Bali 2023, Putu Chelsea Ivana Maida, yang hadir secara langsung memberikan semangat dan support penuh kepada anak yang masih kelas 1 SD Sekolah Lentera Kasih ini pada saat malam grand final. Kehadiran Chelsea menambah semangat Gung Bagus untuk tampil lebih percaya diri dan akhirnya berhasil menyabet gelar juara 1.

“Tadi aku lihat Gung Bagus tampil, dan menurutku dia punya potensi yang besar. Persiapannya matang, orang tuanya sangat mendukung, dan itu membuat kepercayaan dirinya semakin tinggi. Aku yakin dia bisa berprestasi lebih jauh, bahkan mungkin di ajang nasional atau internasional," ujar Chelsea.

Chelsea merasa bahwa Gung Bagus mampu beradaptasi dengan baik di panggung besar dan sudah memperlihatkan kepercayaan diri yang tinggi, sehingga ia cukup yakin bahwa Gung Bagus bisa menjadi juara, dan ternyata benar. Ia juga berharap agar dunia pageantry di Bali semakin berkembang dengan banyaknya bibit unggul seperti Gung Bagus. Menurutnya, Gung Bagus adalah sosok yang sangat berbakat, pintar, dan percaya diri, menjadikannya ‘Paket Lengkap.’

“Semoga dengan dia ikut ajang yang besar ini bisa makin buat dia confidence lagi untuk melanjutkan kariernya nanti, mungkin di dunia modelling. Dan mungkin nanti semoga aku bisa lihat dia di ajang nasional atau internasional juga, pasti aku bakal bangga banget sih nanti,” harap Chelsea.

Untuk diketahui, Gung Bagus, siswa kelas 1 di Sekolah Lentera Kasih ini, juga telah menorehkan prestasi gemilang, selain dalam ajang ini. Ia mencatatkan berbagai kemenangan di ajang fashion show, seperti Juara II Lomba Fashion Mitra 10 (Mei 2024), Juara I Fashion Show Kreativitas Anak Negeri (Juni 2024), Juara Harapan II Gebyar Hari Anak Nasional Puri Bunda (Juli 2024), Juara I Fashion Show Busana Casual Bebas Sewakajaya Kota Denpasar (Juni 2024), Juara II Fashion Show Busana Merah Putih Griya Prestasi X Sewakajaya Kota Denpasar (Agustus 2024), Juara I Lomba Fashion Show Casual Bebas SMK Industri Penerbangan Cakra Nusantara (September 2024), dan yang terbaru Juara I Teruna Cilik Provinsi Bali (Oktober 2024).

Dalam penampilannya, Gung Bagus mengenakan busana kreasi sendiri yang didukung oleh desainer ternama Bali, Turah Anom Mayun A3. Selain prestasinya di dunia fashion, Gung Bagus juga aktif dalam bermain drum dan tampil dalam berbagai konser yang diselenggarakan oleh Bali Rudiment Music Course.

Dukungan untuk Gung Bagus juga mengalir dari para seniman dan tokoh publik Bali melalui media sosial, seperti desainer ternama Inggi Kendran, penyanyi duet hits Ocha Putri Raka Sidan, Dek Ulik, Widi Widiana. Bahkan Merry, asisten Raffi Ahmad  pun turut mengucapkan semangat. 

Ada juga Lucinta Luna, pegiat animasi kartun horor Rizky Riplay. Lalu ada fashion designer endek ternama di Kota Denpasar Rhea Cempaka, hingga penyanyi ngehits yang saat ini sedang berada di Melbourne, Galuh Bilen. *cr79

Komentar