nusabali

SMAN 1 Amlapura Raih Juara di Undiksha

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-raih-juara-di-undiksha

AMLAPURA, NusaBali - Sepasang siswa SMAN 1 Amlapura menyabet gelar juara berbeda di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Gelar dimaksud juara 1 nomor lomba tour guiding kontes dan juara III lomba programming dalam lomba dilaksanakan Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha, Sabtu (12/10).

Kepada NusaBali, Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Senin (14/10). Siswi kelas XII/1 Ni Ketut Erlin Martina yang meraih gelar juara lomba tour guiding kontes, menyingkirkan 14 peserta lainnya dari delapan kabupaten/kota se-Bali. 

Dalam lomba itu, hanya mempresentasikan keberadaan Objek Wisata Desa Tenganan Pagringsingan selama 7 menit dan tanya jawab 3 menit, dengan tema harmoni desa.

"Selama mempresentasikan materi, lumayan lancar, hanya saja, pertanyaan dewan juri pentingnya menyiapkan PPPK (pertolongan pertama pada kecelakaan), itu yang tidak masuk dalam materi," jelas siswa asal Banjar Buayang, Desa Culik, Kecamatan Abang.

Di samping itu, katanya, ditanya mengenai persiapan tour. "Gelar juara ini memotivasi saya, untuk cita-cita nantinya jadi guru bahasa Inggris," tambah alumnus SMPN 2 Abang.

Sedangkan rekannya, Made Reeza yang duduk di kelas XII/6, meraih gelar juara III lomba programming. Pengalaman sebelum berlomba dua kali ikut OISN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Provinsi Bali, mata pelajaran informatika.

"Saya dikalahkan pemenang OSN Tingkat Provinsi Bali mata pelajaran informatika. Saya kalah waktu, lawan lebih cepat menyelesaikan tugas," katanya.

Lawannya, katanya, mampu tuntas dalam 45 menit, dirinya hanya mampu menyelesaikan dalam waktu 1 jam dan 50 menit. Dalam lomba tersebut, semua peserta diberikan pertanyaan, kemudian dijawab dengan membuat program.

"Gelar itu juga layak kami syukuri," jelas alumnus SMPN 1 Amlapura yang asli Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem.

Sedangkan Ni Kadek Erlin Martina memenangkan lomba tour guiding kontes, untuk mempertahankan gelar juara dimenangkan kakak kelasnya. Sehingga tradisi memenangkan lomba itu terus terjaga.7k16

Komentar