nusabali

KPU Gianyar Gelar Pembekalan DP3

Dorong Partisipasi Pemilih yang Berkualitas

  • www.nusabali.com-kpu-gianyar-gelar-pembekalan-dp3

GIANYAR, NusaBali - KPU Kabupaten Gianyar memberikan pembekalan kepada kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di wilayah Kabupaten Gianyar.

Kegiatan pembekalan ini melibatkan sebanyak 35 kader DP3 dari Kelurahan Gianyar yang telah dikukuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar pada 8 Oktober 2024 lalu.
 
“Kader DP3 ini nantinya diyakini memiliki peran strategis dalam Pemilu ataupun Pemilihan dalam mewujudkan kualitas partisipasi pemilih pada Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Gianyar,” ujar Ketua KPU Kabupaten Gianyar, I Wayan Mura saat membuka acara Pembekalan dan Sosialisasi Tahapan Pemilu untuk Kader DP3 dengan lokus Kelurahan Gianyar Kecamatan Gianyar, Minggu (13/10).

Mura mengharapkan kepada seluruh kader selain menjadi agen-agen sosialisasi, agar menularkan informasi kepemiluan kepada keluarga dan komunitasnya. “Untuk itu peserta kegiatan pembekalan DP3 dapat menyimak materi yang diberikan dengan baik dan selanjutnya dapat bersinergi erat dengan KPU Gianyar, untuk bekerjasama dalam peningkatan partisipasi pemilih di Kabupaten Gianyar,” ujar Mura.

Dalam kegiatan kemarin, para kader DP3 diberikan pembekalan oleh 6 orang narasumber yang menyampaikan 6 materi berbeda. Materi yang disampaikan antara lain pentingnya demokrasi, pemilu, pemilihan dan partisipasi, pemahaman tahapan Penyelenggaran Pemilu dan Pemilihan, teknik komunikasi publik, pendidikan pemilih dalam pencegahan politik uang, teknik dan metode identifikasi berita hoaks, serta materi tentang kepatuhan terhadap larangan kampanye.

Sejumlah akademisi yang menjadi narasumber yaitu akademisi dan guru besar Universitas  Warmadewa, Prof Dr Drs Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, Anggota KPU Gianyar Periode 2018-2023, I Komang Endra Gunawan, jurnalis, akademisi dan Anggota TPD Bali, Dr I Nengah Muliarta, akademisi dan Anggota TPD Bali, Dr I Made Sarjana, Komisioner KPID Bali masa jabatan 2021-2024, I Gusti Agung Gede Agung Widiana Kepakisan, serta Ketua KIPP Provinsi Bali Ngakan Made Giriasa.nvi

Komentar