nusabali

Rencana Pelatihan Potensi SAR di Klungkung

  • www.nusabali.com-rencana-pelatihan-potensi-sar-di-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali - Kepala Kantor (Kakan) Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar I Nyoman Sidakarya didampingi Kasi Sumber Daya SAR Supriono menggelar audiensi ke Kantor Bupati Klungkung, Selasa (15/10) pagi.

Mereka diterima Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika didampingi Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada, Kepala Bappeda Klungkung I Ketut Arie Gunawan, dan Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati. Dalam pertemuan itu, Nyoman Sidakarya mengatakan akan menggelar pelatihan potensi SAR dengan materi pengajaran teknis pencarian dan pertolongan di ketinggian. 

“Pelatihan ini akan melibatkan sekitar 50 orang dari unsur TNI/Polri, instansi pemerintah, organisasi masyarakat, relawan, dan masyarakat umum,” ujar Sidakarya. Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Klungkung melalui BPBD yang telah banyak membantu tugas operasi pencarian dan pertolongan, khususnya di wilayah Kabupaten Klungkung. 

“Dengan pelatihan ini kami harapkan dapat meningkatkan kompetensi kepada potensi pencarian dan pertolongan khususnya pada bidang evakuasi di ketinggian,” ujar Sidakarya.


Sidakarya juga menyinggung Unit Siaga SAR Nusa Penida untuk meningkatkan respons time menuju lokasi objek wisata, khususnya di Pulau Nusa Penida. Unit Siaga SAR Nusa Penida perlu adanya peningkatan status. Saat ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar sedang mengusulkan unit siaga ditingkatkan statusnya menjadi Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR). 

Hal ini perlu didukung oleh kesiapan sarana dan prasarana yang memadai. “Kami mohon kesediaan Bapak Pj Bupati untuk memfasilitasi menggunakan aset berupa gedung untuk digunakan sebagai Pos Pencarian dan Portolongan (SAR),” ujar Sidakarya. 

Pj Bupati Klungkung mengucapkan terima kasih kepada Basarnas karena telah banyak membantu dalam upaya pencarian dan pertolongan, baik yang disebabkan oleh bencana dan kecelakaan yang terjadi di wilayah Kabupaten Klungkung. 

“Pelatihan ini sangat baik, saya harapkan dapat dilaksanakan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan para personel SAR dalam bidang evakuasi,” ungkap Jendrika. Dengan adanya personel yang memilki kemampuan SAR diharapkan dapat mengaplikasikan kemampuannya apabila terjadi bencana. 7 wan

Komentar