nusabali

Prabowo Lanjut Panggil 59 Orang Tokoh

Ada Pesohor Raffi Ahmad hingga Politisi PSI Isyana Bagoes Oka

  • www.nusabali.com-prabowo-lanjut-panggil-59-orang-tokoh

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pemanggilan tokoh-tokoh di hari kedua untuk posisi calon wakil menteri dan calon kepala badan

JAKARTA, NusaBali
Presiden Terpilih Prabowo Subianto kembali melanjutkan pemanggilan tokoh-tokoh ke kediamannya di Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10). Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pemanggilan tokoh-tokoh di hari kedua untuk posisi calon wakil menteri dan calon kepala badan.

“Jadi, pemanggilan atau mengundang calon wakil menteri dan kepala badan sudah kami selesaikan. Mungkin masih ada satu-dua nanti yang dinamis sampai dengan tanggal 18 atau terakhir 19 (Oktober) itu. Mungkin masih ada beberapa pertimbangan-pertimbangan,” kata Dasco.

Selain itu, Dasco mengatakan bahwa ada staf khusus kepresidenan untuk pemerintahan periode 2024-2029 yang diundang pada, Selasa kemarin. “Ada beberapa yang kemudian diundang, sehingga nanti kami pada waktunya akan disampaikan kepada media. Nah, tadi itu nama-nama yang diundang pun nanti masih dalam pertimbangan-pertimbangan yang akan diputuskan pada waktunya,” ujarnya.

Sejumlah nama beken terlihat hadir ke Kartanegara, Selasa kemarin, seperti  Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka, Mantan KSAD Dudung Abdurachman, Pendakwah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, hingga Musisi Yovie Widianto.

Politisi PSI Isyana Bagoes Oka tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto. –ANTARA 

Selebriti Raffi Ahmad mengaku diminta oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk membantu mengurus bidang generasi muda, badan kreatif, serta pekerja seni, setelah bertemu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa sore kemarin. "Kita sama-sama membantu beliau, maksudnya kalau saya membantu bidang yang saya kuasai kira-kira generasi muda, badan kreatif dan pekerja seni kurang lebih itu," kata Raffi.

Pesohor Raffi Ahmad menyapa wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto. –ANTARA 

Namun, dia mengatakan bahwa hal selebihnya akan diumumkan oleh Prabowo Subianto secara langsung. Sebelum dipanggil, dia mengatakan sudah menandatangani pakta integritas untuk menjadi calon pejabat. Adapun Raffi Ahmad tiba di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa, sekitar pukul 16.00 WIB, saat agenda pemanggilan para calon wakil menteri (wamen). Kemudian ada Isyana Bagoes Oka yang juga dipanggil Prabowo. Wanita kelahiran Jakarta 13 September 1980 ini sebelum terjun ke dunia politik merupakan salah seorang model yang pernah meraih penghargaan juara favorit pilihan pembaca pada pemilihan Wajah Femina tahun 2000. Ia juga pernah meniti kariernya sebagai salah satu jurnalis. Karir jurnalisnya sangat mentereng dan pernah meliput peristiwa-peristiwa penting, seperti Tsunami Aceh tahun 2004, Bom Bali II, hingga Pemilu Amerika Serikat (AS) tahun 2008. Selain itu, ia pernah mengemban tugas sebagai wartawan istana kepresidenan pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Diketahui, Isyana juga pernah menjadi presenter lepas di sejumlah talkshow di berbagai televisi. Pada tahun 2014, dirinya bersama Grace Natalie dan Raja Juli Antoni menginisiasi berdirinya Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Isyana merupakan politisi berdarah Bali. Salah satu alasannya terjun di dunia politik adalah terinspirasi almarhum neneknya, Gedong Bagoes Oka yang pernah menjadi anggota DPR dan anggota MPR untuk Utusan Golongan Hindu. Almarhumah Gedong Bagoes Oka, tokoh Bali yang dikenal sebagai pejuang kerukunan antar umat beragama.

Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengatakan selanjutnya ada kegiatan pembekalan para calon pejabat kabinet pemerintahannya pada, Rabu (16/10) di kediamannya yang berlokasi di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bakal dimulai dari pagi hari.

"Pagi, pagi banget," kata Prabowo singkat saat meninggalkan kediamannya menggunakan mobil di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa. Sejauh ini jumlah calon menteri, calon wakil menteri, serta calon pejabat lainnya yang telah dipanggil Prabowo ke Kertanegara berjumlah 49 tokoh pada Senin (14/10), dan 59 pada Selasa (15/10).

Selama proses pemanggilan dan pertemuan, Prabowo pun berada di dalam kediamannya. Dia tiba ke kediamannya itu pada sekitar pukul 14.00 WIB dan meninggalkannya pada sekitar pukul 17.00 WIB. Meski begitu, tokoh-tokoh yang dipanggil itu belum dipastikan bakal menjabat dalam kabinet selanjutnya. Keputusan akhir bagi para calon pejabat dalam kabinet itu bakal ditentukan pada 19 Oktober 2024 sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pembekalan tersebut akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Menurut dia, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka pun direncanakan hadir dalam agenda pembekalan itu. "Saya belum tahu apakah menteri dan wakil menteri, tapi besok (hari ini) yang pasti ada pembekalan," kata dia.

Sebelumnya pada, Senin (14/10) Prabowo sejak pukul 15.00 WIB memanggil 49 orang tokoh yang berasal dari kalangan profesional, politikus, birokrat, akademisi, pejabat aktif Polri, dan pejabat teras organisasi masyarakat (ormas), untuk datang ke kediamannya dan berbicara empat mata dengan dirinya secara bergantian. Dasco menyebut sebagian tokoh-tokoh yang datang menghadap ke Kertanegara, Senin kemarin ada yang sudah pasti masuk dalam kabinet sebagai menteri pemerintahan Prabowo, tetapi ada juga nama-nama yang masih dipertimbangkan. 7 ant

Komentar