nusabali

KPU Bali Siapkan 5-7 Panelis Uji Visi Misi Paslon

  • www.nusabali.com-kpu-bali-siapkan-5-7-panelis-uji-visi-misi-paslon

DENPASAR, NusaBali - KPU Provinsi Bali masih terus mempersiapkan debat publik Pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Bali pada Pilgub 2024.

Debat pertama rencananya berlangsung pada 30 Oktober 2024 dengan tempat yang belum ditentukan. 

Komisioner KPU Bali, I Gede John Darmawan mengatakan pihaknya merencanakan 5-7 panelis berlatar belakang akademisi dan profesional untuk menguji visi misi dua paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, yakni Made Muliawan Arya-I Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) dan Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri). Sementara satu orang moderator akan bertugas menengahi jalannya debat. 

“Para panelis di tiga debat akan berbeda nanti sesuai dengan tema yang diangkat,” jelas John Darmawan dikonfirmasi, Selasa (15/10). KPU Bali telah menyiapkan enam tema debat, yakni Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah, Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Menyelesaikan Persoalan Daerah, dan Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Nasional dan Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan.

Dua tema pertama yaitu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah rencananya akan menjadi bahan diskusi pada debat pertama. Meski demikian, John mengatakan keputusan tersebut bisa saja berganti sesuai kesepakatan bersama para paslon. 

John mengakui teknis pelaksanaan debat masih bersifat dinamis. Pihaknya masih akan melakukan pertemuan secara berkala dengan pihak-pihak terkait termasuk perwakilan kedua paslon. Untuk debat kedua misalnya, yang semula direncanakan 13 November 2024 harus digeser menjadi 9 November 2024 menyesuaikan dengan kesanggupan pihak televisi menyiarkan secara langsung. “Kami majukan tanggal 9 November karena tanggal 13 itu semua stasiun mandatory (bertugas menyiarkan) debat Sumut (Sumatera Utara)," ungkap John. 

Pun, untuk debat ketiga yang rencananya tanggal 20 November 2024, kata John, masih menunggu kesanggupan stasiun TV untuk menyiarkan. “Tergantung stasiun TV nanti,” sebut mantan Ketua KPU Denpasar. John mengatakan, selain disiarkan secara langsung oleh televisi lokal di Bali, debat Pilgub Bali akan disiarkan secara langsung di kanal Youtube KPU Bali. Pelaksanaan adu gagasan kedua paslon itu bakal berlangsung selama 120 menit dengan rincian 100 menit debat dan 20 menit tayangan iklan.

Debat publik atau debat terbuka antarpaslon adalah salah satu jenis metode kampanye. Debat ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait visi misi paslon, sehingga menjadi bahan pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihan. John mengajak warga menyaksikan rangkaian debat tersebut untuk mengetahui dan memahami visi misi hingga program masing-masing paslon. "Dan bagaimana mereka bisa mempertahankan visi misi tersebut," ujarnya. 7 

Komentar