nusabali

KPU Tabanan Terima 7 Item Logistik Pilkada

Ditemukan 18 Botol Tinta dan 85 Segel Rusak

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-terima-7-item-logistik-pilkada

TABANAN, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan menerima 7 item logistik untuk Pilkada serentak 2024. Sebanyak 7 item logistik tersebut saat ini telah disimpan di Gudang Logistik eks Hardys Tabanan. Petugas menemukan adanya logistik seperti 18 botol tinta dan segel yang alami kerusakan.

Adapun 7 item logistik yang telah diterima diantaranya kotak suara, bilik pemungutan suara, tinta, segel, kabel ties, sampul biasa, dan sampul kubus. 

Ketua  KPU Tabanan, I Wayan Suwitra mengatakan, logistik yang diterima KPU Tabanan memang belum lengkap. Baru sebagian atau terdiri dari 7 item. “Seluruhnya sudah disimpan di gudang,” ujar Suwitra, Selasa (15/10). 

Disebutkan dari logistik yang diterima ini memang ada yang ditemukan rusak setelah dilakukan pemeriksaan. Beberapa diantaranya yang rusak yakni tinta rusak sebanyak 18 botol dari 1.700 botol kebutuhan yang dikirim. 

Kemudian ada pula 85 keping segel yang ditemukan rusak. Setelah ditemukan rusak ada kekurangan 440 keping dari jumlah kebutuhan yakni 42.380 keping. “Nah untuk kekurangan dan kerusakan ini kami sudah laporkan dan ajukan ke rekanan,” tegas Suwitra. 

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan mulai lakukan perakitan kotak suara. Ada 1.720 kotak suara yang rencananya bakal dirakit untuk persiapan Pilkada 2024. Dalam perakitan kotak suara tersebut, KPU Tabanan mempekerjakan 20 orang tenaga dengan upah Rp 1.800 per kotak suara. Perakitan lebih awal ini untuk memastikan lancarnya logistik jelang pemungutan suara. 

Bahkan demi keamanan, gudang logistik ini dijaga ketat oleh pihak kepolisian, yang juga didukung oleh tenaga pengamanan internal dari KPU. Pengamanan ketat ini diharapkan dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama masa penyimpanan logistik Pilkada. “Kami dan polisi siaga dalam hal pengamanan gudang,” tandas Suwitra. des

Komentar