nusabali

Jelang Debat Pilbup Badung, KPU Terima Titipan Pertanyaan Masyarakat untuk Kandidat

  • www.nusabali.com-jelang-debat-pilbup-badung-kpu-terima-titipan-pertanyaan-masyarakat-untuk-kandidat

MANGUPURA, NusaBali.com - Debat publik perdana Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Badung 2024 akan digelar, Jumat (25/10/2024). Masyarakat diberi ruang menitip pertanyaan untuk dibahas kandidat saat debat nanti.

KPU Kabupaten Badung membatasi ruang lingkup pertanyaan-pertanyaan itu sesuai tema debat. Debat perdana Pilbup Badung nanti bakal mengangkat tema, 'Menuju Pemerataan dan Keserasian Pembangunan, Pariwisata, Seni, Adat dan Budaya, serta Lingkungan di Kabupaten Badung.'

"Memang diberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui acara, materi debat, termasuk memberikan masukan/pertanyaan seperti ini kalau ada hal-hal yang dianggap sebagai isu krusial untuk disikapi," ujar Ketua KPU Badung IGKG Yusa Arsana Putra kepada NusaBali.com, Kamis (17/10/2024).

Untuk itu, jelang debat publik serangkaian kampanye Pilbup Badung 2024 ini, KPU mengajak masyarakat Badung berpartisipasi melalui gagasan pertanyaan. Pertanyaan yang dikirim mesti relevan dengan tema, dikemas berbentuk narasi, dan melampirkan identitas diri (KTP-El).

Pertanyaan masyarakat dapat dikirim ke email [email protected] paling lambat tiga hari sebelum debat, Selasa (22/10/2024) nanti. Perlu dicatat, tidak semua pertanyaan dari publik bisa diterima KPU.

Tim panelis yang terdiri dari lima orang akademisi dan praktisi bakal menyeleksi daftar pertanyaan masyarakat yang masuk. Pertanyaannya pun belum tentu disajikan mentah-mentah, melainkan akan diolah menjadi pertanyaan sesuai bobot debat calon kepala daerah.

"Pertanyaan dari masyarakat itu masuk ke tim panelis dan akan diolah menjadi pertanyaan yang sesuai. Jadi, pertanyaan itu tidak disajikan mentah begitu dan kami menjamin kerahasiaan identitas penanya," ungkap Yusa Arsana.

Untuk diketahui, debat publik perdana Pilbup Badung 2024, Jumat (25/10/2024), akan diikuti dua pasangan calon (paslon) yakni I Wayan Suyasa-I Putu Alit Yandinata (Suyadinata) dan I Wayan Adi Arnawa-Bagus Alit Sucipta (Adicipta).

Debat perdana dari total tiga debat terbuka Pilbup Badung 2024 ini bakal berlangsung di The Trans Resort Bali, Seminyak, Kuta, Badung. Dua debat selanjutnya akan mengambil tempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Yusa Arsana menegaskan, desain acara debat publik Pilbup Badung berpatokan pada debat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 lalu. Di mana, sesuai Keputusan KPU Nomor 1363 Tahun 2024, debat publik calon kepala daerah dibagi ke dalam enam segmen.

Segmen pertama diawali pembukaan, pembacaan tata tertib, dan penyampaian visi, misi dan program kandidat. Segmen kedua dan ketiga diisi dengan pendalaman visi, misi dan program kandidat.

Debat 'sesungguhnya' dimulai dari segmen keempat dan kelima yang menjadi ruang antarpaslon untuk tanya jawab dan menyampaikan sanggahan. Segmen keenam menutup debat dengan closing statement. *rat

Komentar