nusabali

Aplikasi 'Singa Pinter' Integrasikan 5 Aplikasi Layanan Publik

Beri Kemudahan dan Sederhanakan Akses Layanan

  • www.nusabali.com-aplikasi-singa-pinter-integrasikan-5-aplikasi-layanan-publik

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng sedang menyiapkan aplikasi pelayanan publik terintegrasi.

Sistem Navigasi Akses Pemanfaatan Layanan dan Informasi Terintegrasi (Singa Pinter), disiapkan sebagai solusi banyaknya sistem layanan yang terpisah antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Buleleng. 
 
Kepala Diskominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan, mengatakan saat ini ada 44 aplikasi layanan di OPD Pemkab Buleleng. Puluhan aplikasi ini pun dikelola masing-masing OPD. Kondisi ini pun seringkali membingungkan masyarakat, yang ingin mengakses layanan publik melalui online. 
 
“Di awal pengembangan Singa Pinter akan mengintegrasikan 5 aplikasi dulu, nanti setelah itu akan bertahap diintegrasikan kembali. Harapan kami Singa Pinter ini dapat mempermudah akses layanan publik secara online oleh masyarakat. Dengan membuka satu aplikasi masyarakat bisa mengakses beberapa layanan,” kata Suwarmawan. 
 
Lima aplikasi yang akan diintegrasikan yakni  Layanan Kependudukan (Aku Online-NG), Layanan Perizinan (SiAjaib), Pariwisata (Visit North Bali), Layanan Pendidikan (DAPODIK) dan Layanan Sosial (GCT). Aplikasi-aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah akses layanan publik secara online, mendukung transparansi, dan efisiensi dalam pelayanan. 
 
Selain itu, keberhasilan sistem ini juga ditunjang oleh ketersediaan infrastruktur dan fasilitas internet yang memadai serta komunikasi yang aktif antara pemerintah dan masyarakat. Suwarmawan berharap aplikasi ini dapat membantu masyarakat Buleleng dapat menikmati kemudahan dalam mengakses layanan-layanan tersebut secara cepat, praktis, dan efisien. Sehingga turut mendukung kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.7 k23

Komentar