nusabali

Diduga Tertabrak Truk, Dahan Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-diduga-tertabrak-truk-dahan-pohon-tumbang

NEGARA, NusaBali - Peristiwa pohon perindang jalan tumbang kembali terjadi di Kabupaten Jembrana. Teranyar, dahan sebuah pohon Mahoni dilaporkan patah dan menghambat arus lalu lintas di Jalan Umun Denpasar-Gilimanuk, Banjar Rangdu, Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Kamis (17/10) dini hari.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana Putra menjelaskan, dahan pohon tumbang itu terjadi pada sekitar pukul 00.50 Wita. Kejadian itu pun langsung dilaporkan oleh warga sekitar ke BPBD Jembrana pada sekitar pukul 01.00 Wita.

"Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun menurut keterangan warga di sekitar lokasi, kejadian dahan pohon patah itu diduga karena tertabrak truk yang sedang melintas," ujar Agus Artana.

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun, dahan pohon yang menutupi sebagian badan jalan itu sempat menyebabkan kemacetan. Begitu menerima laporan, Tim Reaksi Cepat (TRC) Regu II bersama petugas Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) langsung diterjunkan ke lokasi kejadian.

Tim BPBD Jembrana bersama warga sekitar melakukan penanganan dengan memotong dan memindahkan dahan pohon yang menghalangi jalan. Proses evakuasi berlangsung cukup lancar sehingga arus lalu lintas sudah bisa kembali normal pada sekitar pukul 01.25 Wita.

Agus Artana mengimbau kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan untuk selalu berhati-hati di jalan. Terutama saat cuaca ekstrem yang berpotensi memicu bencana pohon tumbang.7ode

Komentar