nusabali

Cabup Bangli Adu Gagasan dalam Tiga Kali Debat

  • www.nusabali.com-cabup-bangli-adu-gagasan-dalam-tiga-kali-debat

BANGLI, NusaBali - KPU Kabupaten Bangli mengagendakan debat terbuka untuk pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bangli yang akan tarung dalam Pilkada Serentak 2024. Adu gagasan kandidat calon ini diagendakan dalam tiga kali debat

“Debat kandidat di Bangli digelar tiga kali. Jadwal debat perdana dilakukan Rabu 24 Oktober 2024 mendatang,” ujar Komisioner KPU Bangli Made Surya Dharma Yudha, Kamis (17/10). 

Dijelaskan, debat diadakan supaya semua kandidat bisa menyampaikan visi misi sebagai calon kepala daerah, yang kemudian jadi bahan pertimbangan bagi masyarakat untuk memilih pemimpin selanjutnya. “Ini sebagai ajang ketiga paslon untuk menyampaikan visi misi ke masyarakat agar menjadi bahan masyarakat untuk menentukan pilihan pada 27 November 2024 mendatang,” kata Surya Dharma. 

Lanjutnya, untuk debat berikutnya direncanakan pada bulan depan yakni tanggal 5 dan 21 November 2024. “Kami sudah rapat koordinasi dengan semua paslon dan tim suksesnya untuk persiapan debat,” ujar Surya Dharma.

Kemudian untuk tempat pelaksanaan debat akan dilaksanakan di salah satu hotel di kawasan Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. “Nanti akan disiarkan secara langsung lewat stasiun televisi pemerintah untuk yang pertama, sedangkan kedua dan ketiga disiarkan TV swasta,” ujarnya. 

Menurut Surya Dharma, debat pertama dilakukan oleh calon bupati dari tiga kandidat. Kemudian debat kedua untuk para calon wakil bupati. Sedangkan untuk agenda debat terakhir baru untuk pasangan calon bupati dan wakil. “Ini (teknis) sudah disetujui semua paslon dan tim pendukungnya,” tegas Surya Dharma.

Sementara itu, tim pendukung yang boleh hadir dalam ruangan akan dibatasi. Maksimal 30 orang pendukung dari masing-masing paslon. KPU Bangli juga telah membentuk tim perumus untuk persiapan debat paslon Pilkada 2024. Tim perumus telah menentukan 6 orang panelis yang terlibat dalam agenda itu. Para panelis meliputi akademisi, pihak ahli dan profesional di bidang masing-masing. 7esa.

Komentar