nusabali

HUT Ke-42 Spentriwi: Kepsek, Guru dan Pegawai SMPN se-Mengwi Silaturahmi lewat Voli Riang Gembira

  • www.nusabali.com-hut-ke-42-spentriwi-kepsek-guru-dan-pegawai-smpn-se-mengwi-silaturahmi-lewat-voli-riang-gembira

MANGUPURA, NusaBali.com - Tahun ini, SMPN 3 Mengwi (Spentriwi) genap berusia 42 tahun. Berbagai kegiatan perayaan dilaksanakan untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) sekolah yang terletak di Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Badung ini. Satu di antaranya adalah lomba bola voli riang gembira.

Menariknya, turnamen bola voli perdana bertajuk Funny Volleyball Spentriwi Cup I ini pesertanya tidak melibatkan pelajar. Turnamen bola voli riang gembira ini jadi ajang unjuk gigi para guru, pegawai, hingga kepala sekolah (kepsek) dari seluruh SMP negeri yang ada di Kecamatan Mengwi.

Terdapat tujuh SMP negeri di Mengwi, termasuk Spentriwi. Namun, total ada delapan tim yang berpartisipasi yakni ditambah satu Tim Perangkat Desa Buduk, termasuk Perbekel Ketut Wira Adi Atmaja. Jumat (18/10/2024) pagi, turnamen bola voli riang gembira ini dibuka pertandingan antara tim tuan rumah dan Tim SMPN 1 Mengwi.

“Turnamen ini kami gelar bukan semata-mata soal prestasi, juara, tapi lebih banyak bersifat kekeluargaan sehingga ada rasa silaturahmi, saling berkumpul, dan persaudaraan. Prinsipnya, kalah menang tetap tenang, yang penting senang,” kata Kepala Spentriwi I Nyoman Ratana SPd MPd di sela acara, Jumat pagi.

Bertempat di Lapangan Bola Voli Spentriwi, turnamen ini akan berlangsung selama hari sekolah sampai, Selasa (22/10/2024). Setiap harinya digelar dua pertandingan. Ratana menuturkan, turnamen bola voli antar guru, pegawai, bahkan kepsek mungkin baru pertama kali diadakan di Mengwi.

Lewat turnamen bola voli HUT Ke-42 Spentriwi, Ratana ingin mengajak rekan sejawatnya rehat sejenak. Tidak dinafikan, tenaga pendidik, kependidikan, dan kepala lembaga pendidikan selalu disibukkan tupoksi dan urusan administratif masing-masing. Apalagi, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) belum lama usai.

“Biasanya berkutat dengan ponsel, laptop. Pada kesempatan ini kami ajak teman-teman menghibur diri biar nanti lebih fresh melanjutkan tugas pengabdian di bidang pendidikan,” beber Ratana yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Badung.

Foto: Kepala Spentriwi I Nyoman Ratana SPd MPd. -RATNADI

Kepala SMPN 1 Mengwi (Spensangi) I Ketut Sumerta SPd MPd yang turut mengisi Tim Spensangi menghadapi tuan rumah Spentriwi yang juga digawangi Kepsek Ratana mengaku, timnya tidak ada persiapan khusus. Ia memandang turnamen ini sebagai ajang silaturahmi, memperkuat kolaborasi antar-SMP di Mengwi.

“Kami tadi main, main saja. Saya sendiri tidak begitu ahli, yang penting riang gembira dan silaturahminya dapat,” ungkap Sumerta di sela menonton pertandingan kedua antara SMPN 4 dan SMPN 7 Mengwi, Jumat pagi.

Walaupun berformat riang gembira, pertandingan antartim berlangsung cukup serius dan saling kejar mengejar poin. Ratana menjelaskan, pihaknya hanya menyiapkan hadiah berupa piala. Meski begitu, antusias peserta sangat tinggi, terbukti seluruh SMP negeri di Mengwi berpartisipasi.

“Prestasi penting, prakanti (persahabatan) yang utama,” imbuh Ratana yang akan memasuki masa purna tugas sekitar Agustus 2025 ini.

Selain turnamen Funny Volleyball Spentriwi Cup I, HUT Ke-42 SMP negeri yang berdiri 1982 silam ini juga akan dimeriahkan kegiatan lain seperti lomba akademik dan non akademik antarpelajar di internal Spentriwi. Kemudian, ada pula olimpiade akademik gratis untuk para pelajar SD se-Kabupaten Badung.

Tiga besar pemenang olimpiade akademik SD ini bakal menerima keuntungan free pass dari Spentriwi. Jika mereka mendaftar SMP di Spentriwi saat PPDB nanti, akan langsung diterima melalui jalur prestasi. “Piagam penghargaannya kami upayakan dari Disdikpora Badung,” kata Ratana.

Sehari sebelum puncak HUT Ke-42 Spentriwi, Kamis (24/10/2024) akan digelar acara jalan santai berhadiah utama dua sepeda gunung. Kata Ratana, jalan santai ini juga akan mengundang guru, pegawai, dan kepsek yang pernah mengabdi di Spentriwi.

“Puncak acara HUT Ke-42 Spentriwi kami selenggarakan pada 25 Oktober dengan mengundang berbagai lembaga untuk menyaksikan kegiatan kami,” tandas Ratana. *rat

Komentar