nusabali

Selesai Cetak, Surat Suara Pilkada Badung Masuk Gudang KPU 19 Oktober

  • www.nusabali.com-selesai-cetak-surat-suara-pilkada-badung-masuk-gudang-kpu-19-oktober

MANGUPURA, NusaBali.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Badung tengah melakukan pengawasan terhadap produksi logistik Pilkada Serentak 2024. Khususnya surat suara, dikabarkan telah rampung produksi dan siap masuk gudang logistik KPU, Sabtu (19/10/2024) ini.

“Per hari ini pukul 17.00 WITA, produksi surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Badung serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Bali telah selesai. Sekarang masuk pengemasan dan segera dikirim,” ujar Ketua Bawaslu Badung I Putu Hery Indrawan di sela pengawasan, Kamis (17/10/2024).

PT Temprina Media Grafika yang berlokasi di Ubung, Denpasar menjadi produsen surat suara Pilbup Badung dan Pilgub Bali untuk Kabupaten Badung. Proses pencetakan surat suara Pilkada Serentak 2024 Badung di Temprina telah dimulai sejak Senin (14/10/2024) lalu.

Berdasarkan hasil pengawasan, vendor akan mengirim logistik pemungutan suara ini, Sabtu ini, ke Gudang KPU Kabupaten Badung di GOR Basket Sading, Jalan Alas Harum, Desa Sading, Mengwi, Badung. Bawaslu menegaskan, pengawasan terhadap logistik surat suara terus berlanjut dari tahap produksi ke penyimpanan.

“Kami akan memastikan ketersediaan peralatan dan kesiapan minimal agar diperhatikan ketersediaan dan kesiapan kamera pengawas (CCTV) yg terpasang pada sudut-sudut penting. Kemudian, memastikan gudang penyimpanan tidak lembab, dan yang terpenting aman dari banjir,” imbuh Hery Indrawan.

Untuk diketahui, ada 412.434 pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Badung. Jumlah DPT menjadi patokan pencetakan surat suara. Jumlah surat suara yang dicetak sesuai DPT per Tempat Pemungutan Suara (TPS) plus 2,5 persen.

Bawaslu berharap tahapan produksi, penyimpanan, penyiapan, dan distribusi logistik Pilkada Serentak 2024 di Badung tidak mengalami kendala berarti dan lancar hingga hari pencoblosan, 27 November 2024 nanti.

Sementara itu, KPU Badung menjamin distribusi logistik berjalan lancar. Sebab, akses transportasi di Badung dianggap relatif baik bahkan sampai ke daerah-daerah pelosok. Hanya saja, faktor cuaca akan menjadi tantangan untuk KPU, mengingat bulan November biasanya musim hujan.

“Kami menyiapkan truk box untuk distribusi logistik ke seluruh kecamatan. Di samping itu, kami juga mengantisipasi jam-jam macet di Badung Selatan, apalagi November akhir itu sudah masuk high season untuk pariwisata,” jelas Ketua KPU Badung IGKG Yusa Arsana Putra.

KPU juga bakal mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi akibat dua faktor ini yaitu cuaca dan high season pariwisata. Bagaimana agar distribusi di Badung Selatan dapat menghindari jam-jam macet. Juga, menyiapkan skema bongkar muat saat hujan. *rat

Komentar