nusabali

Siswa di Klungkung Semarakkan Festival Olahraga Pelajar

  • www.nusabali.com-siswa-di-klungkung-semarakkan-festival-olahraga-pelajar
  • www.nusabali.com-siswa-di-klungkung-semarakkan-festival-olahraga-pelajar

SEMARAPURA, NusaBali - Siswa di Kabupaten Klungkung semarakkan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kecamatan Klungkung, Jumat (18/24).

Festival Olahraga Pelajar dibuka oleh Sekda Klungkung Anak Agung Gede Lesmana mewakili Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika. Ketua Panitia I Nyoman Sukadana mengatakan, tujuan utama penyelenggaraan FOP untuk mengembangkan literasi fisik generasi penerus bangsa sekaligus menumbuhkan keterampilan kepemiminan. Peserta siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. "Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18-20 Oktober 2024," ujar Sukadana.

Staf Ahli Bidang Inovasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Yohan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Klungkung sudah melaksanakan FOP tahun 2024. Festival ini untuk membentuk karakter dan sebagai wadah penyaluran minat dan bakat para siswa untuk aktif berolahraga. 

FOP merupakan platform yang penting untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam olahraga. "Kami berharap, melalui program ini, 70 persen siswa dapat berpartisipasi dalam olahraga secara rutin tiga kali seminggu dengan durasi minimal 60 menit dan 30 persen siswa lainnya mencapai tingkat kebugaran jasmani kategori baik," ujar Yohan.


Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Gung Lesmana mengatakan, Pemkab Klungkung menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan FOP di Kabupaten Klungkung yang mengusung tagline ‘Play Today Lead Tomorrow’. Festival Olahraga Pendidikan adalah kegiatan gembira yang melibatkan pelajar dalam mengembangkan literasi fisik sekaligus menumbuhkan keterampilan kepemimpinan para generasi masa depan bangsa.

FOP sebagai ajang untuk mengenalkan dan menerapkan prinsip-prinsip fair play, inklusi, kerja sama tim, rasa hormat, dan kepemimipinan generasi muda. “Olahraga bukan hanya sekadar aktivitas fisik semata, tetapi juga arena bagi pengembangan anak-anak dan generasai muda secara holistik dan membelajarkan mereka untuk menjadi individu yang bertanggungjawab, berempati, dan tangguh," ujarnya.

Jendrika mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang telah mempercayakan Kabupaten Klungkung sebagai salah satu dari 30 kabupaten/kota di seluruh  Indonesia sebagai penyelenggara FOP 2024. "Kegiatan ini disambut antusias para pelajar di Kabupaten Klungkung,” ujarnya.

Kepada seluruh peserta, Jendrika mengucapkan selamat mengikuti festival dengan penuh keceriaan dan kegembiraan. “Mulai jadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari, olahraga bukan hanya semata-mata untuk meraih prestasi tetapi ada manfaat yang lebih penting untuk menjaga kebugaran tubuh kita,” tegas Jendrika. @ wan

Komentar