nusabali

Truk Terperosok ke Got Rusak Pipa PDAM

  • www.nusabali.com-truk-terperosok-ke-got-rusak-pipa-pdam

Sebuah truk mengalami kecelakaan tunggal terperosok ke dalam got di KM 4,1 Jalur Singaraja-Gilimanuk, wilayah Desa Tukad Mungga, Buleleng, Senin (21/8) pukul 07.30 Wita.

SINGARAJA, NusaBali
Meski tidak mengakibatkan korban jiwa dan kerugian material, membuat kerusakan pipa induk PDAM yang pecah akibat tertindih truk seberat 20 ton.

Hal tersebut kemudian membuat layanan air bersih jaringan Tukad Mungga hingga Lovina sempat terganggu setengah hari. Beruntung kerusakan tersebut dapat segera tertangani dan dari sudah kembali mengalir pada pukul 14.00 Wita.

Peristiwa tersebut bermula saat kendaraan truk bernomor polisi D 8790 DF yang dikemudikan oleh Candra, 36, warga Kampung Cireundeu, Kabupaten Bandung barat, Jawa Barat datang dari arah barat menuju Timur. Truk yang mengangkut susu Ultra seberta 20 ton itu bermaksud akan melakukan bongkar muat di terminal barang. Namun sebelum tiba di terminal barang Candra bermaksud berhenti sebentar di depan gudang di depan TKP.

Karena berhenti terlalu ke kiri dan kendaraan dalam keadaan berat, tanah yang di bawahnya terdapat saluran induk PDAM Buleleng tidak dapat menahan beban, yang akhirnya jebol dan bocor. Seluruh air yang mengalir dalam pipa 10 dim tersebut menyembur keluar dan menggenangi sekitar lokasi kejadian.

Kasat Lantas Polres Buleleng AKP Adi Sulistyo Utomo menjelaskan untuk mengantisipasi adanya kemacetan di sepanjang jalur yang berada di dekat lokasi kecelakaan, jajaran Satlantas Polres Buleleng telah melakukan langkah preventif dengan melaksanakan pengaturan arus lalu-lintas. Di samping itu pihaknya telah meminta pemilik kendaraan untuk dapat segera memindahkan kendaraan yang mengalami kecelakaan ketempat yang tidak menghambat arus lalu-lintas.

“Kecelakaan ini terjadi karena truk terlalu ke pinggir, tidak ada korban maupu kerugian material, hanya kebocoran pipa PDAM. Kami juga sudah koordinasikan dengan pihak PDAM Buleleng terkait kecelakaan tunggal yang terjadi,” kata dia.

Sementara itu Dirut PDAM Buleleng, I Made Lestariana dihubungi terpisah mengatakan memang ada gangguan pelayanan air bersih di sekitar jalur Tukad Mungga sampai Lovina. Ratusan pelanggan pun sempat mengeluh karena gangguan tersebut. “Tadi memang sempat ada keluhan tetapi kami segera tindak lanjuti sehingga jam dua siang air sudah mengalir kembali,” ungkapnya. *k23

Komentar