nusabali

Jorge Martin Kuasai Sprint dan Pole

MotoGP Australia di Sirkuit Philllip Island

  • www.nusabali.com-jorge-martin-kuasai-sprint-dan-pole

Ya, sepanjang sprint race, Jorge Martin tanpa cela dan mendominasi sejak dari start. Dia membuat manuver mempertahankan posisi terdepan.

VICTORIA, NusaBali
Rider Prima Pramac Racing Jorge Martin berjaya dalam sprint race dan babak kualifikasi MotoGP Australia, di Sirkuit Philllip Island, Australia, Sabtu (19/10). Kini pembalap Spanyol itu[un berpeluang memenanngi balapan utama pada Minggu (20/10) ini dan mempertahankan puncak klasemen sementara.

Ya, sepanjang sprint race, Jorge Martin tanpa cela dan mendominasi sejak dari start. Dia membuat manuver mempertahankan posisi terdepan sehingga Marc Marquez yang mencoba mengejar harus menurunkan kecepatan hingga turun ke posisi kedelapan.

Hanya butuh tiga lap bagi Martin memperlebar jarak dari kejaran lawan-lawannya. Sebaliknya Marc Marquez terus merangkak merebut posisi terdepan. Marc Marquez mengamankan posisi kelima saat balapan di lap kelima. Di lap keenam, Marquez mengambil alih posisi dari Marco Bezzechi untuk mengejar di posisi ketiga.

Tak lama kemudian Francesco "Pecco" Bagnaia jadi korban overtaking Marquez yang mengambil alih posisi kedua. Pecco kembali harus turun di penghujung lap usai rekan setimnya Enea Bastianini mengambil alih posisi ketiga.

Di dua sisa lap terakhir, Jorge Martin kian tak terkejar Marc Marquez yang mengamankan posisi kedua. Marquez mencoba memangkas jarak dari Martinator namun usahanya sia-sia karena Martin tampil begitu dominan menjaga posisinya di depan.

Jorge Martin akhirnya mengamankan posisi pertama diikuti Marc Marquez di posisi kedua. Sedangkan podium ketiga ditempati Enea Bastianini. Francesco Bagnaia harus puas di peringkat keempat diikuti Franco Morbidelli.

Podium sprint race melengkapi dominasi Jorge Martin yang sebelumnya mengamankan pole position di MotoGP Australia. Jorge Martin menjadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 27,296 detik. 

Di posisi kedua ditempati Marc Marquez, yang kalah 0,594 detik, dan tempat ketiga dihuni pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dengan selisih 0,695 detik.

Sesi kualifikasi dibagi menjadi dua sesi yakni sesi kualifikasi pertama (Q1) dan kualifikasi kedua (Q2). Para pembalap yang memasuki sesi kualifikasi merupakan sepuluh pembalap tercepat di sesi latihan bebas.

Di Q1, duo rider Repsol Honda Luca Marini dan Juan Mir serta pembalap GASGAS Tech 3 Augusto Fernandez menjadi yang tercepat untuk bersaing mengamankan tiket menuju Q2. Namun drama terjadi usai pembalap Ducati Enea Bastianini dan pembalap Aprilia Racing Raul Fernandez mengisi dua slot tersisa untuk melangkah ke Q2.

Memasuki Q2, persaingan di Sirkuit Phillip Island yang basah langsung tersaji antara Marc Marquez, Jorge Martin, dan Francesco Bagnaia. Namun Jorge Martin jadi yang tercepat di sesi pertama mengungguli Marc Marquez. Di putaran pertama Vinales sempat mengambil alih urutan pertama dengan 1 menit 27,991 detik.

Sedangkan di putaran kedua, Jorge Martin tampil mendominasi dengan mengunci posisi terdepan dan mengungguli Marc Marquez yang menempati urutan kedua. Sementara pesaing terdekat Martin di klasemen, Bagnaia harus puas mengawali balapan di posisi kelima. ant

Hasil 10 Besar Kualifikasi :
1. Jorge Martin SPA Pramac Ducati 
2. Marc Marquez SPA Gresini 
3. Maverick Viñales SPA Aprilia 
4. Marco Bezzecchi ITA Pertamina VR46 
5. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo 
6. Raul Fernandez SPA Trackhouse 
7. Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati 
8. Alex Marquez SPA Gresini 
9. Alex Rins SPA Monster Energy Yamaha 
10. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo 

Hasil 10 Besar Sprint Race 
1. Jorge Martin 19'13.301 (13 lap)
2. Marc Marquez +1.520
3. Enea Bastianini  +4.368
4. Pecco Bagnaia +6.879
5. Fabio di Giannantonio +7.905
6. Franco Morbidelli +9.623
7. Raul Fernandez +15.249
8. Aleix Espargaro +19.280
9. Augusto Fernandez +21.126
10. Luca Marini +21.194

Komentar