nusabali

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

  • www.nusabali.com-prabowo-subianto-dan-gibran-rakabuming-resmi-dilantik-sebagai-presiden-dan-wakil-presiden-ri-2024-2029

JAKARTA, NusaBali.com – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa bakti 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Dengan mengenakan setelan jas dan kain tradisional Betawi, keduanya menyampaikan sumpah di bawah kitab suci Al-Quran secara lancar. "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Prabowo dalam sumpahnya. Setelah itu, Gibran mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI, dan keduanya menandatangani Berita Acara Pelantikan.

Sidang yang dibuka secara resmi oleh Ketua MPR Ahmad Muzani pada pukul 10.19 WIB ini dihadiri oleh 709 dari 731 anggota MPR RI. Muzani menyatakan acara tersebut telah memenuhi kuorum dan disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Selain anggota MPR, sidang ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan dari negara-negara sahabat. Setidaknya, terdapat 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri yang hadir dalam pelantikan. 

Negara-negara sahabat turut mengirimkan utusannya, di antaranya Jerman, Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, Rusia, dan Jepang. Kehadiran pejabat tinggi dari berbagai negara menambah kemeriahan dan memperlihatkan dukungan internasional terhadap kepemimpinan baru Indonesia.

Prabowo dan Gibran diharapkan membawa Indonesia menuju kemajuan dan kesejahteraan selama lima tahun ke depan. Pelantikan ini menjadi momentum penting bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih baik. *ant

Komentar