nusabali

Prabowo Umumkan Kabinet Merah Putih

Ni Luh Puspa Wamen Pariwisata, Isyana Wamen Kependudukan

  • www.nusabali.com-prabowo-umumkan-kabinet-merah-putih

Presiden RI Prabowo Subianto dijadwalkan melantik jajaran menteri dan wakil menteri kabinetnya di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (21/10) hari ini 

JAKARTA, NusaBali
Presiden RI Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinetnya bernama Kabinet Merah Putih berikut sejumlah nama-nama menteri yang berada dalam kabinet pemerintahannya, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10) malam. Presiden juga langsung mengumumkan nama-nama Wakil Menteri (Wamen) seusai pengumuman nama menteri. Presiden Prabowo Subianto mengumumkan sejumlah nama menteri didampingi Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Sebagaimana telah saya umumkan bahwa setelah saya dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024, malam harinya saya akan umumkan kabinet pemerintah Indonesia periode 2024-2029. Dengan kesepakatan para ketua umum koalisi kami, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih dan saya ingin umumkan susunan kabinet merah putih 2024," kata Presiden Prabowo.

Presiden RI Prabowo Subianto dijadwalkan melantik jajaran menteri kabinetnya di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (21/10) pagi ini. Sejumlah nama yang menarik perhatian publik masuk kabinet seperti yang diprediksikan sebelumnya saat para tokoh itu dipanggil ke kediaman Prabowo Subianto di Kartanegara dan lanjut mengikuti pembekalan di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Di jajaran menteri ada nama Fadli Zon, politisi Gerindra yang duduki posisi Menteri Kebudayaan. Kemudian Veronica Tan yang dikenal sebagai mantan istri politisi PDIP sekaligus mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Di kabinet Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka terungkap Veronica Tan mengemban tugas di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) sebagai Wakil Menteri.

"Veronica Tan, Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," kata Prabowo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu malam.

Dalam kesempatan ini, Prabowo juga mengumumkan dua Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi. Dua wakil menteri itu adalah Profesor Fauzan dan Profesor Stella Christie.
Selanjutnya Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah sebagai Wakil Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman. Fahri akan bekerja bersama dengan mantan politisi PDIP Maruarar Sirait, yang ditunjuk sebagai Menteri Perumahan dan Permukiman. "Fahri Hamzah, SE, Wakil Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman," ucap Prabowo. 

Partai Golkar tampaknya menjadi partai yang paling banyak mendapat jatah menteri dan wakil menteri. Golkar mendapat jatah 8 kursi di Kabinet Merah Putih.

"Tadi jumlahnya 8," ujar politikus Partai Golkar Meutya Viada Hafid di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu malam. 

Apakah ada menteri asal Bali? Dari nama-nama menteri dan wakil menteri yang diumumkan Presiden Prabowo Subianto semalam ada dua tokoh berdarah Bali yang masuk jajaran kabinet. Keduanya, yakni Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, dan Ni Luh Enik Ermawati atau dikenal dengan nama Ni Luh Puspa ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata. Setelah pelantikan kabinet, nantinya para menteri dan wakil menteri Prabowo akan mengikuti pembekalan di Akmil, Magelang, Jawa Tengah. Pembekalan itu rencananya akan berlangsung pada 23-27 Oktober 2024. 7 ant

Komentar