nusabali

Amankan Pelantikan Presiden, Polres Buleleng Kerahkan Pasukan

  • www.nusabali.com-amankan-pelantikan-presiden-polres-buleleng-kerahkan-pasukan

SINGARAJA, NusaBali - Polres Buleleng menggelar apel siaga gabungan dan patroli skala besar, Minggu (20/10).

Agenda tersebut ditujukan dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia yang dilangsungkan Minggu kemarin.

Pada agenda pertama, yakni apel siaga tersebut dilaksanakan di halaman Polres Buleleng. Pada agenda tersebut turut dihadiri oleh personel Polres Buleleng dari berbagai satuan mulai dari lalu lintas, Sabhara, hingga Intelijen juga turut dilibatkan. Para anggota kepolisian itu merupakan personel yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Praja Agung 2024. 

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi menyebut, apel siaga gabungan ini merupakan bagian dari Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) dan dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Polri. Ia menambahkan, pelaksanaan agenda apel siaga bertujuan untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban tetap kondusif selama proses pelantikan presiden dan wakil presiden berlangsung.

“Melalui kegiatan gelar personel ini diharapkan dapat mencegah potensi gangguan. Baik yang nyata terjadi maupun yang mungkin bisa terjadi di tengah masyarakat. Pengucapan sumpah janji ini adalah momen penting dalam perjalanan demokrasi kita, dan sebagai aparat keamanan, tugas kami adalah mendukung agar seluruh rangkaian acara berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” ujarnya. 

Di sisi lain, upaya pengamanan juga dilaksanakan secara patroli dialogis, yakni dengan melibatkan tokoh masyarakat hingga Perbekel. Tujuannya untuk memastikan situasi tetap aman terkendali. Sehingga dalam apel itu AKBP Widwan menegaskan pada anggotanya untuk melakukan pendekatan pada masyarakat.

“Terus melakukan monitoring dan berkoordinasi dengan para tokoh masyarakat (tomas), tokoh agama (toga), tokoh adat (todat), dan tokoh lainnya agar tetap menjaga kondusifitas serta mengedukasi masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi,” kata perwira polisi asal Desa Patemon, Kecamatan Seririt, Buleleng ini.

Ia juga menekankan agar seluruh personel selalu siap siaga, meningkatkan kewaspadaan, dan tidak meremehkan potensi situasi yang dapat berkembang. Kemudian ia mengingatkan kembali soal integritas, profesionalisme, dan sinergi dengan TNI, pemerintah daerah, serta masyarakat dalam menjaga situasi keamanan di wilayah hukum Polres Buleleng.7 mzk

Komentar