nusabali

Kuwait dan Australia Bisa Jadi Batu Sandungan Putu Panji Dkk

  • www.nusabali.com-kuwait-dan-australia-bisa-jadi-batu-sandungan-putu-panji-dkk

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia U-17 akan bertarung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, di Kuwait pada 23-27 Oktober 2024. Di grup G itu, Tim Garuda Asia akan menghadapi tuan rumah Kuwait, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Melihat daftar tim tersebut, tuan rumah Kuwait dan Australia diprediksi menjadi lawan terberat bagi Putu Panji Apriawan dkk. Pasalnya, Kuwait lama dikenal sebagai satu di antara kekuatan sepakbola Timur Tengah. Juga Australia, yang selalu jadi lawan berat Indonesia di berbagai kelompok umur. Kemungkinan hanya Mariana Utara yang jadi lawan ringan dengan minimnya pengalaman mereka di sepak bola internasional.

Juara Grup A hingga J kualifikasi Piala Asia U-17 dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final di Arab Saudi, pada 3-20 April 2025.

Bagaimana peluang Timnas U-17 melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2025? Pelatih Timnas U-17, Nova Arianto sudah memilih 23 pemain untuk ualifikasi Piala Asia U-17 2025 ini, yang mayoritas berasal dari Piala AFF U-16 2024. Nova Arianto menyertakan bek Melbourne City di Australia, Mathew Baker, dan gelandang De Anze Force di Amerika Serikat, Lucas Lee.

Selain itu, Nova Arianto memercayai beberapa nama yang jadi langganan Timnas U-17 dari Zahaby Gholy, Muhammad Mierza Firjatullah, hingga Fadly Alberto. Selain itu, juga trio muda Bali United Putu Panji Apriawan, Ida Bagus Putu Cahya, dan Komang Mardian G.

Para pemain tersebut punya potensi besar dan sudah bermain reguler di timnya masing-masing. Hal itu tentu jadi modal bagus buat Timnas Indonesia U-17.

Sebagai persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia U-17 menimba ilmu di Spanyol dan Qatar. Garuda Asia melahap rangkaian uji coba selama di dua negara tersebut.

Sebelumnya, pasukan Nova Arianto ini tampil di Piala AFF U-16 2024 di Solo. Ketika itu, Zahaby Gholy dkk menyegel peringkat ketiga di turnamen, yang kemudian tim ini diproyeksikan untuk bertarung di kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Timnas Indonesia U-16 tampil superior di fase grup Piala AFF U-16 2024, meski terpaksa menyerah 3-5 dari Australia di semifinal. Kemudian menghajar Vietnam 5-0 pada perebutan tempat ketiga. Hasil ini diharapkan menambah jam terbang anak asuh Nova Arianto. * 


Daftar Pemain Timnas U-17
Kiper:  
M. Nur Ichsan (Asiana), Rendy Razzaqu (Nusantara Youth), Dafa Gasemi (Dewa United).
Bek:
I Putu Panji Apriawan (Bali United), Ida Bagus Putu Cahya (Bali United), Raihan Apriansyah (Asiana), Andi Faith (Asiana), Mathew Baker (Melbourne City), Azizu Milanesta (Asiana), Daniel Alfredo (Asiana), Fabio Azkairawan (Persija), Dafa Zaidan (Borneo FC), 
Gelandang:
Algazani Dwi (FIFA Farmel), Evandra Florasta (Bhayangkara FC), Lucas Lee (De Anze Force), Tristan Raisa (Dewa United), Nazriel Alvaro (Persib), Fandi Ahmad (Persija), Komang Mardian G (Bali United), M Zahaby Gholy (Persija)
Penyerang:
M Mierza F (Asiana), M Aldiyansyah Taher (PPLOP DKI), Fadly Alberto (Bhayangkara FC).

Komentar