nusabali

Mbarga Bawa Bali United ke Puncak

  • www.nusabali.com-mbarga-bawa-bali-united-ke-puncak

Meski punya poin sama 17, Bali United menggeser Persebaya Surabaya dari puncak klasemen ke posisi kedua, karena unggul selisih gol 13-6 lawan 7-4.

GIANYAR, NusaBali
Bali United menang dramatis 1-0 atas Persita Tangerang, dalam laga pekan ke-8 Liga 1 2024/2025 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (20/10) malam.  Satu gol kemenangan Serdadu Tridatu dicetak Privat Mbarga pada injury time (menit ke 90+3). 

Hasil itu membuat Bali United naik ke puncak klasemen sementara dengan 17 poin dari 8 laga. Sedangkan Persita turun ke peringkat 10 dengan 11 poin. Meski punya poin sama 17, Bali United menggeser Persebaya Surabaya dari puncak klasemen ke posisi kedua, karena unggul selisih gol 13-6 lawan 7-4. 

Menghadapi Persita, terjadi beberapa perubahan mengingat komposisi skuad Bali United saat ini terbilang lengkap. Penjaga gawang, Adilson Maringa menjadi pilihan utama dengan dibantu empat pemain belakang. Duet Elias Dolah dan Kadek Arel menjadi tembok pertahanan,  dengan ditopang Made Andhika Wijaya di kanan dan Ricky Fajrin di kiri. 

Untuk lini tengah, Made Tito akan menjaga keseimbangan sektor tengah bersama Kadek Agung. Lalu Mitsuru Maruoka sebagai motor serangan. Kemudian untuk lini depan, Everton Nascimento yang mencetak dua gol pekan terakhir kembali diturunkan.  Privat Mbarga dan Irfan Jaya akan menopang di sisi flank penyerangan. 

Pelatih kepala Bali United FC, Stefano Cugurra memanfaatkan kesempatan bermain di kandang pada laga tandang kali ini. "Situasi bagus kami bisa bermain di Bali karena stadion di Tangerang sedang tahap renovasi. Kami respek dengan lawan dan akan kerja keras di pertandingan untuk meraih hasil positif pekan ini," ujar Teco. 

Sementara pada laga tersebut Persita lebih banyak menguasai bola pada babak pertama, tetapi kesulitan menciptakan peluang. Solidnya pertahanan Serdadu Tridatu dan minimnya kreativitas serangan membuat ‘tuan rumah’ Pendekar Cisadane sering gagal dalam menembus pertahanan Bali United.

Bali United membobol gawang Persita pada menit ke-90+3 lewat sundulan Privat Mbarga. Memanfaatkan umpan silang Yabes Roni dari sisi kanan, Mbarga yang tidak terkawal pemain lawan tanpa kesulitan membobol gawang Persita.

Namun sebelum itu, Bali United memiliki peluang lewat Kadek Agung di menit ke-11, namun digagalkan kiper Persita, Igor Rodrigues. Penjaga gawang asal Brasil itu juga menghalau peluang Mitsuru Maruoka empat menit berselang.

Persita sejatinya juga mencetak gol lewat tembakan jarak jauh Mario Jardel di menit ke-21. Namun gol itu dianulir wasit usai pengecekan Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan bola mengenai Marios Ogboe karena di posisi offside sebelum masuk gawang.

Maruoka kembali mendapat peluang di menit ke-38, tetapi Igor kembali tampil gemilang menyelamatkan gawangnya. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Privat Mbarga nyaris membobol Persita di menit ke-47, tetapi Igor menahannya. Persita gantian menekan di menit ke-55, namun upaya Ogboe dimentahkan kiper Bali United, Adilson Maringa.

Setelah itu kedua tim kesulitan menciptakan peluang yang membahayakan lawan. Saat skor 0-0 tampak akan menjadi hasil akhir, Bali United sukses memanfaatkan peluang jelang laga usai.

Pada menit 90+3, umpan silang Yabes Roni dari sisi kanan berhasil disambut Mbarga dengan tandukan yang bersarang di sudut kiri gawang tanpa bisa dihalau Igor. Skor 1-0 tak berubah hingga laga usai.

Sementara itu di laga Liga 1 lainnya, PSS Sleman meninggalkan dasar klasemen Liga 1, setelah membungkam tuan rumah Barito Putera 3-0 pada pertandingan di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu sore. PSS naik ke posisi ke-16 dengan 5 poin, sedangkan Barito tetap di posisi ke-13 dengan 8 poin. *

Komentar