nusabali

SMPN 2 Abang Juara Lomba Pramuka Tingkat Kwarda

  • www.nusabali.com-smpn-2-abang-juara-lomba-pramuka-tingkat-kwarda

AMLAPURA, NusaBali - Regu putri SMPN 2 Abang, Karangasem, memboyong gelar juara lomba pionering putri tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali di SMAN 2 Semarapura, Sabtu (19/10). Sedangkan regu putra hanya sebagai runner up lomba pionering.

Kasek SMPN 2 Abang Dr I Wayan Sarya mengapresiasi prestasi anak didiknya, mampu menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Bali, dengan menyingkirkan banyak peserta se-Bali sebagai pesaingnya. 

"Kami merasa bangga, tidak sia-sia selama ini intensif berlatih," jelas I Wayan Sarya kepada NusaBali di ruang kerjanya, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Senin (21/10).

Mengirim dua regu, katanya kedua-duanya sebagai juara, regu putri juara pionering putri, dan regu putra keluar sebagai juara.

hal itu menandakan, secara kualitas telah mampu bersaing dengan peserta lain di Bali. "Kebetulan anak-anak yang selama ini menjalani latihan intensif, dan berbakat di bidang ketrampilan pionering," tambahnya.

Di dalam lomba pionering itu kata I Wayan Sarya, agar mampu memanfaatkan semua tongkat dan tali dalam menata membentuk model bangunan yang ada di dunia nyata.

Kata dia, pionering merupakan salah satu teknik kepramukaan, dengan memperhatikan kerja tim, kekompakan, menjalin komunikasi, di samping mampu membentuk karakter peserta didik, sabar. agar kreatif cekatan, terampil di samping juga memperhitungkan ketepatan waktu dalam berlomba.

Ada empat aspekuatam yang perlu diperhatikan di dalam membuat pionering, tongkat, tali, simpul dan ikatan, kesemuanya jadi satu kesatuan. Di dalam menata pinering itu juga meruapakn impelemnastida ri teknik tali temali. Ada banyak macam simpul yang diperlukan, simpul pangkal, simpul mati, simpul anyam, simpul anyam berganda, simpul kembar, simpul erat simpul penarik dan simpul kursi.

Jenis-jenis ikatan yang diperlukan, ikatan palang, ikatan silang, ikatan kaki tiga dan ikatan canggah. Sekretarais Kwartir cabang gerakan Pramuka Karangasem I Putu Setia Budi, mengapresiasi prestasi SMPN 2 Abang.

"Saya berharap prestasi itu menginspirasi SMP lain di Karangasem," harap I Putu Setia Budi.

Enam siswa SMPN 2 Abang bergabung di regu putri yang dinobatkan sebagai juara pionering, yakni: Ni Kadek Mila Novi Yanti kelas IX/C, Ni Kadek Cantika Raya Pertiwi kelas IX/D, Ni Kadek Funny Agustini kelas IX/D, Ni Ketut Dini Wirayanti kelas IX/C, Ni Luh Putu Suryantini kelas IX/C dan Ni Kadek Regina Gheandra Putri kelas IX/F.

Juara 2 pionering putra, juga terdiri dari enam siswa, I Wayan Dharma Wyasa kelas IX/D, I Gede Oka Wiratama kelas IX/I, I Kadek Januartana kelas IX/G, I Nengah Suri Yadi kelas IX/E, I Nyoman Sapta Guna kelas VIII/E dan I Komang Suardana kelas VIII/E. Sebagai juara II Lomba Pionering putri, dimenangkan regu SMPN 1 Manggis.7k16

Komentar