nusabali

SDN 2 Pempatan Kawinkan Gelar Juara

TSC III Pramuka Tingkat SD se-Kecamatan Rendang

  • www.nusabali.com-sdn-2-pempatan-kawinkan-gelar-juara

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 3 Rendang, di Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem menggelar TSC (Tireks Scout Competition) III Pramuka Tingkat SD se-Kecamatan Rendang. Sekolah ini juga menggelar lomba MIPAS, catur dan poster.

Lomba itu serangkaian peringatan bulan bahasa dan HUT ke-15 SMPN 3 Rendang, di Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Senin (21/10). Kasek SMPN 3 Rendang I Wayan Siram didampingi Ketua Panitia Komang Aristana memaparkan, lomba Pramuka diikuti 14 regu, lomba poster sebanyak 20 siswa, lomba catur sebanyak 20 siswa, dan lomba MIPAS (Matematika IPA dan IPS) sebanyak 40 siswa.

Tujuan lomba untuk mengetahui pemetaan kualitas pendidikan di Kecamatan Rendang, baik akademik dan non akademik, nantinya setamat sekolah di SD, bisa melanjutkan ke SMPN 3 Rendang, agar lebih mudah membina bakat-bakat siswa tersebut.

Lomba TSC melombakan tiga nomor yakni lomba creatif skill, tangkas dan cerdas putra dan putri. Peraih medali terbanyak berhak atas gelar juara umum putra dan putri. Tujuan lomba juga untuk memotivasi siswa agar lebih intensif berlatih.

Juara umum tingkat SD putra SDN 2 Pempatan, disusul juara II SDN 1 Menanga dan juara III SDN 7 Pempatan. Gelar juara umum diraih SDN 2 Pempatan, setelah menjuarai nomor creatif skill, juara nomor lomba tangkas, dan juara lomba cerdas. Juara umum tingkat SD putri juga dimenangkan SDN 2 Pempatan, setelah memenangkan nomor lomba tangkas, creatif skill dan juara poster melalui Ni Luh Dea Lestari.

Pemenang lomba lainnya, nomor catur putra kelompok lanjut I Gede Widi Pranata dari SDN 8 Besakih, juara catur kelompok pemula I Komang Jana dari SDN 6 Besakih, juara MIPAS Gde Kesawa Cakrabawa dari SDN 3 Menanga, dan juara lomba cerdas putri SDN 3 Menanga. "Kali ini lomba-lomba tersebut merupakan kegiatan bulan bahasa disinkrunkan dengan HUT ke-15 SMPN 3 Rendang," jelas Kasek I Wayan Siram.

Seluruh peserta dari SD se-Kecamatan Rendang. Kasek SDN 2 Pempatan Ni Komang Sukarmini mengakui, prestasi anak didiknya menonjol, karena sebelum lomba melakukan pembinaan lebih awal. "Kami melakukan pembinaan kepada siswa-siswa berbakat di bidang Pramuka dan bidang lainnya," jelas Ni Komang Sukarmini. Siswa berbakat mendapatkan pembinaan intensif dari guru I Komang Arimbawa.7k16

Komentar