nusabali

Maman Ditugaskan UMKM RI Naik Kelas

  • www.nusabali.com-maman-ditugaskan-umkm-ri-naik-kelas

JAKARTA, NusaBali - Menteri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman buka-bukaan arahan Presiden Prabowo Subianto kepadanya sebagai menteri. Maman ditugaskan Prabowo agar bisa naik kelas dan berkembang pesat di Indonesia.

Dia bilang sektor UMKM sendiri menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia karena menciptakan banyak lapangan kerja. Bila UMKM bisa naik kelas, pemerintah bisa mengamankan masyarakat ekonomi bawah dan menengah.

"Ya harapan pak Prabowo agar sektor UMKM bisa naik kelas berkembang karena ini backbone ekonomi negara artinya kami berkepentingan agar UMKM bisa maju naik kelas dan mengamankan sektor ekonomi di bawah dan tengah," ujar Maman ditemui usai pelantikan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, seperti dilansir detikcom, Senin (21/20).

Politisi Partai Golkar ini mengatakan masalah pendanaan dan pembiayaan untuk modal UMKM menjadi salah satu masalah besar yang digaris bawahi olehnya. Dia mengakui masalah ini memang perlu banyak evaluasi.

"Ya ini akan kita jadikan catatan dan evaluasi terkait sumber pembiayaan dan pendanaan. Kita mau kombinasikan sektor formal dan informal dan kita cari yang terbaik. Terkait isu macam jaminan dan sebagainya kami akan carikan solusi," sebut Maman.

Maman mengungkapkan pihaknya bakal bermarkas langsung di Gedung SMESCO Gatot Subroto. Dia merencanakan gedung tersebut bakal menjadi rumah bagi UMKM di Indonesia dan juga menjadi kantor pusat kementeriannya.

Dalam waktu dekat, pihaknya masih berfokus untuk menyelesaikan urusan pemisahan Kementerian UMKM dari Kementerian Koperasi. BIla sudah selesai baru lah dia akan tancap gas bekerja.

"Kita ngantor di SMESCO Indonesia. Yang di Rasuna Said akan jadi kantor Kemenkop saja. Smesco yang di Gatot Subroto itu akan jadi rumah UMKM Indonesia," beber Maman. 7

Komentar