nusabali

395 Atlet Meriahkan Kejuaraan Bulu Tangkis Undiksha Open

  • www.nusabali.com-395-atlet-meriahkan-kejuaraan-bulu-tangkis-undiksha-open

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, kembali menggelar kejuaraan bulu tangkis tingkat nasional.

Kejuaraan Undiksha Open ini, diikuti sebanyak 395 atlet dari 94 klub dan 14 perguruan tinggi dari sejumlah wilayah di Indonesia. Kejuaraan itu, digelar selama lima hari dari tanggal 23 hingga 27 Oktober 2024. 

Rektor Undiksha Singaraja, I Wayan Lasmawan mengatakan, kejuaraan ini digelar untuk mengembangkan olahraga khususnya bulutangkis di Buleleng. Olahraga ini, merupakan salah satu favorit. Dengan adanya kejuaraan ini, diharapkan bisa menumbuhkan atlet baru yang bisa membanggakan Buleleng di ajang nasional hingga internasional. 

“Kami berharap atlet-atlet baru yang berkelas internasional tumbuh melalui kegiatan-kegiatan yang kita selenggarakan,” ujarnya, usai pembukaan. 

Lasmawan menyebut, nantinya mereka yang berhasil meraih juara dalam kejuaraan ini, akan secara otomatis diterima di Undiksha. Mereka akan diterima melalui jalur prestasi di semua prodi selain prodi di Fakultas Kedokteran. Hal itu disebut sebagai dukungan, kepada masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi. 

“Nanti bisa diterima langsung di Undiksha tanpa tes, melalui jalur prestasi mandiri di luar prodi di Fakultas Kedokteran. Yang peringkat 1-10 nanti bisa diterima langsung di Fakultas Olahraga dan Kesehatan,” kata dia. 

Kata Lasmawan, saat ini Undiksha telah mempunyai GOR Bulutangkis bertaraf internasional. GOR tersebut, bisa digunakan jika pemerintah ingin membuat kejuaraan nasional maupun internasional. Pihaknya pun disebut akan mendukung penuh, jika pemerintah akan menggelar kejuaraan di fasilitas milik kampus terbesar di Buleleng tersebut. 

"Kami siap jika Undiksha ditunjuk atau dipercaya selenggarakan kejuaraan nasional dan internasional. Intinya kami akan spot penuh,” tutup Lasmawan. 

Sementara itu, Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Bali, I Wayan Winurjaya mengatakan, untuk menilai GOR Undiksha cocok untuk dilaksanakan kejuaraan nasional dan internasional. Nantinya pengurus PBSI pusat akan turun melakukan verifikasi. 

Namun, menurutnya fasilitas yang dimiliki Undiksha ada peluang kejuaraan bertaraf internasional bisa digelar di Bali Utara. “Ada potensi (kejuaraan internasional). GOR utama sudah bagus, ada GOR pendukung. Nanti kita akan ajukan surat ke pusat. Secara peluang ada potensi,” ujarnya. 7 mzk

Komentar