nusabali

Anggota Kabinet Pakai Seragam Loreng Komcad

Dibangunkan Terompet, Baris Berbaris hingga Parade Senja

  • www.nusabali.com-anggota-kabinet-pakai-seragam-loreng-komcad

MAGELANG, NusaBali - Anggota Kabinet Merah Putih (KMP) memulai hari pertama pembekalan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (25/10) pagi, dengan berolahraga hingga pembekalan oleh Presiden Prabowo Subianto.

Lalu pada sore hari anggota kabinet mengikuti prosesi Parade Senja di Lapangan Pancasila kompleks Akmil Magelang, Jawa Tengah dengan melibatkan para Taruna Akmil dari empat Matra. Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) memimpin langsung prosesi Parade Senja yang sempat diguyur hujan ini.

"Pagi lanjut olahraga, baris berbaris, terus arahan Presiden," kata Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya yang dikonfirmasi di Magelang. Mantan Wali Kota Bogor ini memposting kegiatan paginya di Akmil dengan berseragam loreng komponen cadangan (komcad) melalui Instagram @bimarayasugiarto. Seragam yang sama juga dikenakan para anggota kabinet yang lain. Mereka berangkat dari perkemahan Borobudur Country Club yang berjarak sekitar 1,5 km dari Akmil.

Seragam yang sama juga diposting oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup Diaz Hendropriyono melalui akun @diaz.hendropriyono. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menginformasikan agenda kegiatan setelah berolahraga, diisi dengan pembukaan retret Kabinet Merah Putih oleh Presiden Prabowo. Presiden Prabowo juga langsung memimpin kegiatan latihan baris berbaris pada Jumat pagi kemarin.

Tak hanya itu Akademi Militer (Akmil) di Magelang juga menerapkan tradisi terompet untuk membangunkan seluruh anggota Kabinet Merah Putih di pagi hari, selama menjalani agenda retreat pada 24-27 Oktober 2024. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Noel Ebenezer yang ikut dalam agenda Retreat Kabinet Merah Putih, saat dikonfirmasi di Magelang, Jumat siang. "Tradisi di Akmil. Ternyata di Akmil suara terompet itu ada di setiap jam tertentu, termasuk pagi hari," katanya.

Sejak tiba di Magelang pada Kamis (24/10) sore, anggota Kabinet Merah Putih menempati area penginapan di lahan golf kompleks Akmil, tepatnya di Borobudur International Golf & Country Club, Jl Jenderal Gatot Soebroto No 1, Magersari, Kota Magelang. Area penginapan itu berada dalam satu kawasan Akmil Magelang dan sekolah Taruna Nusantara yang dilengkapi dengan 120 tenda penginapan. Tradisi terompet itu didengar Noel sekitar pukul 04.00 WIB, sebelum berlangsungnya kegiatan awal berupa senam pagi dan latihan baris berbaris yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto di Lapangan Pancasila Akmil. 

Hal ini juga dibenarkan Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan membenarkan suara terompet yang membangunkannya di pagi hari. "Yang lain jam 05.00 WIB langsung bergerak ke lapangan untuk senam pagi. Ada suara terompet sepertinya sebagian shalat Subuh berjamaah," katanya.

Sejumlah anggota Kabinet Merah Putih berjalan sebelum Parade Senja di Lapangan Pancasila, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat sore. –ANTARA 

Presiden Prabowo Subianto menekankan Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Kota Magelang, Jawa Tengah, tidak bermaksud militeristik atau bersifat militer. Prabowo menjelaskan bahwa agenda retreat yang meliputi latihan dan pengarahan kepada Kabinet Merah Putih merupakan the military way atau cara militer yang biasa dilakukan di pemerintahan maupun perusahaan-perusahaan untuk menyelaraskan kedisiplinan maupun kesetiaan kepada bangsa dan negara. "The military way, inti dari semua perusahaan adalah disiplin. Kedua, kesetiaan. Saya benar-benar minta saudara tidak setia kepada Prabowo, tetapi setia kepada bangsa dan negara Indonesia," kata Prabowo dalam video yang dibagikan dan disaksikan di Kota Magelang, Jumat.

Sementara itu, dalam pengarahannya, Jumat pagi, Prabowo menyampaikan agar jajaran Kabinet Merah fokus dan berkomitmen untuk bekerja mengentaskan kemiskinan hingga menyukseskan sejumlah program ke depan, seperti makan bergizi gratis, pemberantasan korupsi, dan swasembada pangan maupun energi. Lebih lanjut, pada akhir pengarahan, Prabowo bersama dengan jajaran Kabinet Merah Putih berfoto bersama dan meneriakkan nama kabinet.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Noel Ebenhaezer juga mengungkapkan bahwa Presiden RI Prabowo Subianto menekankan pesan antikorupsi kepada anggota Kabinet Merah Putih (KMP) sebagai salah satu materi penting pada retreat di Magelang mulai  24 hingga 27 Oktober 2024.

"Ada analogi yang disampaikan Pak Prabowo soal ikan itu busuk dari kepalanya. Makanya, pemimpinnya harus baik. Supaya tidak busuk, dia jaga integritas. Nah sekarang, alhamdulillah pemimpinnya Prabowo. Prabowo yang jaga hal itu," kata Noel saat dikonfirmasi, Jumat. Menurut Noel, Prabowo dengan tegas menyatakan komitmennya untuk memberi contoh tidak akan melakukan korupsi.

Sementara dalam Parade Senja, Jumat sore kemarin anggota kabinet hadir sebagai peserta upacara dengan mengenakan seragam loreng Komponen Cadangan (Komcad) dan duduk di tenda beratapkan motif merah putih di depan kantor Gubernur Akmil tersebut. Kegiatan Parade Senja yang umum dihelat pada prosesi menaikan dan menurunkan Bendera Merah Putih di hari kemerdekaan itu, melibatkan sekitar 1.200 taruna dari Akmil Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Polri. Mereka memperlihatkan keterampilan baris-berbaris pasukan atau defile di hadapan anggota Kabinet Merah Putih. Presiden Prabowo Subianto bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam parade tersebut. 7 ant

Komentar