nusabali

Suporter Diminta Tetap Dukung STY

  • www.nusabali.com-suporter-diminta-tetap-dukung-sty

JAKARTA, NusaBali - Federasi sepak bola Indonesia (PSSI) meminta para suporter tetap memberikan dukungan penuh kepada pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) terlepas dari hasil kurang memuaskan saat melawan China di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C di Qingdao pekan lalu.

Hal ini dikatakan salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga (53 tahun) saat disinggung soal tagar Shin Tae-yong out yang menggema di media sosial setelah kekalahan melawan China. Tagar itu menggema setelah warganet menilai STY melakukan kesalahan pada susunan pemain yang diturunkan melawan China.

"Jangan dulu, ini STY out, jangan dulu lah. Ya ini kita butuh kekompakan. Sekarang kompak aja dulu udah," kata Arya kepada wartawan, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (24/10) malam.

Menurut Arya, dukungan dari suporter yang paling dibutuhkan timnas Indonesia saat ini. Pasalnya, pada bulan depan Timnas harus bertanding lagi untuk mengincar kemenangan perdana melawan Jepang dan Arab Saudi di kandang sendiri.

"Kita tinggal enam kali pertandingan. Enam kali pertandingan, empat tuan rumah. Dan harus menang," kata Arya.

Lebih lanjut, Arya juga mengatakan evaluasi yang akan dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada timnas Indonesia yang meraih satu poin dari dua laga tandang melawan Bahrain dan China juga sudah dilakukan.

Lebih jauh PSSI juga merespon turunnya peringkat timnas Indonesia dari peringkat 129 FIFA dengan 1124,17 poin per 19 September menjadi peringkat 130 dengan 1118,87 poin. Menurut Arya, penurunan peringkat itu hal yang wajar jika mengacu hasil terakhir timnas yang kalah 1-2 dari China.

Arya lalu mengatakan Indonesia masih dapat memperbaiki peringkat FIFA dari pertandingan resmi selanjutnya, seperti laga melawan Jepang dan Arab Saudi pada November. ant

Komentar