nusabali

Dana-Swadi Rancang Beasiswa untuk Siswa Pintar

Juga Janjikan Peningkatan Bantuan Desa Adat

  • www.nusabali.com-dana-swadi-rancang-beasiswa-untuk-siswa-pintar

AMLAPURA, NusaBali - Pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem, I Gede Dana- I Nengah Swadi (Dana-Swadi) merancang program beasiswa ‘Jana Kerti Wikrama’ buat siswa pintar di kepemimpinan periode kedua.

Janji itu dilontarkan I Gede Dana saat kampanye di rumah tokoh Golkar Karangasem yang juga Wakil Bupati Karangasem periode 2010-2015, I Made Sukerana di Banjar Juntal Kelod, Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (25/10) sore.

Kampanye Dana-Swadi di basis Partai Golkar ini dihadiri  kader senior PDI Perjuangan yang juga Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika,  Anggota DPRD Karangasem I Ketut Rukiana, panglingsir Pasek Kayu Selem (PKS) I Wayan Sukarya dan I Wayan Sukla Arnata serta tokoh masyarakat lainnya.  

Acara diawali dengan ritual naur sesangi (memenuhi janji niskala) oleh Sukerana. Mantan Ketua DPD II Golkar Karangasem ini sebelumnya mendoakan pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta mendapatkan rekomendasi partai dan I Gede Dana dan I Nengah Swadi mendapatkan rekomendasi jadi calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem. Saat ritual kemarin, Sukerana mempersembahkan dua ekor babi guling.

Sukerana membeberkan, visi dan misi paslon Dana-Swadi yang sangat berpihak kepada masyarakat. Mulai dari dana punia untuk upacara ngaben massal, kenaikan bantuan sosial 100 persen untuk banjar adat dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta. Begitu juga bantuan sosial untuk desa adat dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta yang menyasar 190 desa adat di Karangasem. 

Selain itu program AJP (antar jemput pasien) yang ternyata banyak diminati masyarakat bakal ditingkatkan dengan penambahan armada yakni setiap desa satu armada. ”Program AJP diminati masyarakat, tentu saja program itu agar dilanjutkan,” pinta Sukerana.

Sementara Cawabup I Nengah Swadi meyakinkan calon pemilih yang hadir soal pasokan air bersih di Kecamatan Kubu. “Sekarang air dari UPTD Sungai Telaga Waja mulai mengalir, nanti rencananya di seluruh Kecamatan Kubu, dapat  pelayanan air,” jelas Swadi.

Apa yang dilontarkan Swadi diperkuat oleh pernyataan Cabup Gede Dana. Terutama soal program AJP yang akan dilanjutkan dengan penambahan armada dengan pola satu desa satu armada. “November ini, tambah pembelian 24 mobil, sedangkan penambahan armada yang diperlukan 30 armada, berarti masih kurang 6 armada,” jelas politisi senior yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem ini.

Terkait program beasiswa, menurut Dana, pihaknya menyiapkan program Jana Kerti Wikrama. “Jana Kerti Wikrama, yakni kartu beasiswa secara khusus untuk siswa pintar,” pungkas mantan Ketua DPRD Karangasem ini.k16 

Komentar