nusabali

Timnas U-17 Gilas Marina Utara 10-0

Nova Targetkan Hajar Australia

  • www.nusabali.com-timnas-u-17-gilas-marina-utara-10-0

KUWAIT CITY, NusaBali - Pelatih tim nasional U-17 Indonesia Nova Arianto menargetkan skuadnya dapat mengalahkan Australia pada laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, di Abdullah Alkhalifa Alsabah Stadium, Kuwait City, Minggu (27/10) malam ini. Tekad Nova itu diungkapkan, setelah Timnas U-17 menggilas Kepulauan Mariana Utara 10-0.

"Kami mau memenangkan pertandingan itu (lawan Australia)," ujar Nova, di laman PSSI, Sabtu (26/10).

Menurut Nova, ada beberapa strategi yang dijalankan supaya keinginan tersebut dapat terwujud. Satu di antaranya dengan mengistirahatkan enam pemain andalannya saat mengalahkan Kepulauan Mariana Utara 10-0, pada laga kedua Grup G, Jumat (25/10) malam, di Kuwait City.

Pada laga itu, Nova cuma menurunkan lima pemain dari laga versus Kuwait yang dipertahankan Nova yakni kapten I Putu Apriawan, gelandang Muhamad Zahabi Gholy dan Evandra Florasta, bek Daniel Alfrido serta kiper Dafa Al Gasemi.

Sedangka enam pemain lainnya yakni Dafa Zaidan El Fikri, Andi Rachman, I Komang Gelgel, Muhammad Aldyansyah Taher, Fandi Muzaki dan pemain diaspora Lucas Lee mencatatkan debut di daftar 11 pertama pada kualifikasi itu.

"Saya menyimpan beberapa pemain yang biasa bermain di starting (11 pertama-red) agar mereka siap menghadapi Australia," tutur Nova.

Pertemuan Timnas U-17 dengan Australia pada Minggu (27/10) menjadi yang kedua pada 2024, setelah kedua tim bersua di semifinal Piala AFF U-16 2024, Solo. Ketika itu, Indonesia dikalahkan Australia 5-3. Indonesia pun gagal ke final tapi merebut peringkat ketiga terbaik usai melindas Vietnam 5-0.

Jelang laga lawan Australia, Nova Ariantomengungkapkan tiga kekurangan Tim Garuda Asia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Meski menang 10-0 atas Kepulauan Mariana Utara, kata Nova, secara permainan, timnya masih belum sempurna. Nova menilai Timnas U-17 mempunyai beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki.

"Kekurangan kami masih sama. Kami masih mudah saat berebut bola. Kami masih terburu-buru saat transisi, termasuk melawan Kepulauan Mariana Utara U-17," kata Nova.

"Selain itu, penyelesaian akhir. Setelah ini, kami akan melakukan evaluasi dan mempersiapkan apa yang perlu kami perbuat kontra Australia dan semoga semua pemain dalam kondisi bugar," kata pelatih kelahiran Semarang itu.

Kini di klasemen sementara Grup G, Timnas U-17 menduduki posisi kedua dengan enam poin. Sedangkan Australia di peringkat pertama lewat nilai yang sama. Juara Grup A-J dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025 di Arab Saudi pada 3-20 April tahun depan.

Jika bisa mengalahkan Australia, Indonesia akan menjadi juara Grup G. Sebaliknya, jika Garuda Asia gagal keluar sebagai runner-up dan menunggu status runner-up terbaik. ant

Komentar