nusabali

Bastianini Juara Sprint, Bagnaia Rebut Pole

Tim Ducati Berjaya di MotoGP Thailand

  • www.nusabali.com-bastianini-juara-sprint-bagnaia-rebut-pole

BANGKOK, NusaBali - Tim Ducati Lenovo berjaya menjelang balapan utama MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Minggu (27/10) ini. Ya, kedua pembalapnya Enea Bastianini menjuarai Sprint Race dan dan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia merebut pole position untuk balapan utama.

Bastianini membuat kejutan dengan meraih kemenangan balapan pendek Sprint. Pembalap Italia itu mengungguli dua pemburu gelar juara dunia musim ini, Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dan Bagnaia, yang masing-masing finis di posisi dua dan tiga. Bastianini unggul 1,357 detik atas Martin dan 2,372 detik atas Bagnaia setelah balapan solid dan kering di Buriram.

Martin pada awalnya mencoba di posisi terdepan saat balapan dimulai. Namun, dua pembalap Ducati yakni polesitter Bagnaia dan Bastianini tidak memberikan kesempatan bagi pemuncak klasemen sementara tersebut dengan mudah.

Bastianini segera memimpin di lap pertama, meninggalkan rekan satu tim dan pembalap Spanyol itu. Dia mampu mempertahankan posisi terdepan hingga lap terakhir pada balapan dengan total 13 putaran tersebut.

Sementara itu, Marc dan Alex Marquez (Gresini Racing) mengakhiri balapan pendek di posisi keempat dan kelima. Melengkapi daftar 10 besar adalah Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing), Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Sementara itu, Pecco Bagnaia (merebut posisi terdepan (pole positition) pada sesi kualifikasi MotoGP Thailand. Pecco mencatat waktu 1 menit 28,700 detik, sekaligus memecahkan rekor waktu putaran lap tercepat di Sirkuit Internasional Chang, serta menjadikan Bagnaia sebagai pembalap Ducati dengan pole terbanyak sepanjang sejarah.

Pecco sendiri memulai kualifikasi dengan solid dan terus memimpin jalannya sesi. Sedangkan dua pesaing terdekatnya, pemuncak klasemen Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dan Marc Marquez (Gresini Racing) tidak mengalami sesi yang mulus, dengan keduanya mengalami crash.

Di sisi lain, rekan satu tim Bagnaia, Enea Bastianini mampu mengimbangi dengan menyelesaikan sesi di posisi kedua dengan selisih 0,232 detik saja dari pemimpin balapan. Di posisi keempat Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46) yang mampu menyelesaikan sesi dengan cukup mulus.

Kejutan ditorehkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang tampil solid sejak awal sesi kualifikasi. Dia akan memulai balapan Sprint dan utama MotoGP Thailand dari posisi keenam.

Melengkapi daftar 10 besar kualifikasi, adalah Pedro Acosta (GASGAS Tech3), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), Alex Marquez (Gresini Racing), dan Maverick Vinales (Aprilia Racing). ant

Komentar