nusabali

Pangdam IX/Udayana Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Denpasar

  • www.nusabali.com-pangdam-ixudayana-pimpin-upacara-peringatan-hari-sumpah-pemuda-ke-96-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com – Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Muhammad Zamroni, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 yang digelar di Lapangan I Gusti Ngurah Rai Asrama Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, pada Senin (28/10/2024). Upacara ini diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Garnizun Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang menyoroti pentingnya nilai-nilai perjuangan generasi Sumpah Pemuda 1928 sebagai landasan karakter bangsa. “Nilai-nilai agung yang diwariskan generasi Sumpah Pemuda harus terus dikumandangkan untuk memperkuat kesadaran dan karakter bangsa, terutama dalam menghadapi perubahan zaman yang cepat,” ujar Pangdam mengutip sambutan Menpora.

Tahun ini, peringatan Hari Sumpah Pemuda bertepatan dengan masa transisi pemerintahan baru. Menurut Menpora, transisi ini diharapkan mampu membawa Indonesia menuju capaian pembangunan jangka panjang menuju Indonesia Emas 2045, yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan tinggi serta pengaruh yang lebih kuat di kancah dunia.

Dengan mengusung tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 menyampaikan pesan kebersamaan dalam memajukan pelayanan kepemudaan di seluruh Indonesia. "Tema ini mengajak kita untuk bersama-sama memajukan berbagai aspek pelayanan kepemudaan, baik di tingkat pusat maupun daerah, dengan kerja simultan, sinkron, dan terkoordinasi,” lanjut Pangdam.

Kementerian Pemuda dan Olahraga juga mendorong peningkatan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia melalui tata kelola yang lebih baik serta peningkatan dukungan sumber daya. Hal ini dianggap krusial dalam mencetak generasi muda yang kompetitif dan berdedikasi.

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana, menyampaikan bahwa peringatan ini memiliki makna besar dalam mendorong kesadaran pemuda terhadap pentingnya menjaga persatuan bangsa. “Generasi muda diharapkan semakin sadar akan peran pentingnya dalam memajukan bangsa dan mencapai cita-cita Indonesia yang adil dan makmur,” ungkap Kolonel Agung.

Upacara ini turut dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, serta para undangan lainnya, termasuk perwakilan dari TNI AU dan TNI AL. *m03

Komentar