nusabali

Manchester United Pecat Erik ten Hag, Van Nistelrooy Jadi Pelatih Sementara

  • www.nusabali.com-manchester-united-pecat-erik-ten-hag-van-nistelrooy-jadi-pelatih-sementara

MANCHESTER, NusaBali.com – Manchester United resmi memecat Erik ten Hag dari posisi manajer setelah awal musim yang buruk. Kekalahan 1-2 dari West Ham pada Minggu (27/10/2024) menjadi pertandingan terakhirnya, dengan klub kini berada di posisi ke-14 klasemen Liga Premier setelah hanya meraih tiga kemenangan dari sembilan pertandingan.

Manchester United juga terpuruk di posisi ke-21 dari 36 tim di klasemen Liga Europa, setelah gagal meraih kemenangan di tiga pertandingan pembuka. Mantan penyerang United, Ruud van Nistelrooy, yang sebelumnya menjadi asisten Ten Hag, kini ditunjuk sebagai pelatih interim.

Dalam pernyataan resminya, Senin (28/10/2024), pihak klub menyebutkan bahwa Van Nistelrooy akan memimpin tim sementara mereka mencari pelatih kepala tetap. Keputusan ini disebutkan sebagai langkah yang sulit namun diambil secara bulat oleh dewan klub, yang menyampaikan keputusan tersebut kepada Ten Hag pada Senin pagi.

Ten Hag sebelumnya diberikan perpanjangan kontrak satu tahun setelah membawa United menjuarai Piala FA dengan mengalahkan Manchester City pada Mei lalu. Namun, performa buruk di awal musim membuat klub akhirnya mengambil keputusan untuk berpisah dengannya.

Pemecatan Ten Hag menjadikan United kini mencari manajer keenam mereka sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013.

Erik ten Hag, yang sebelumnya pernah melatih Ajax, bergabung dengan United pada musim panas 2022. Di musim pertamanya, ia membawa United finis di peringkat ketiga Liga Premier dan berhasil meraih trofi Carabao Cup 2023 setelah mengalahkan Newcastle United 2-0. Ia juga membawa United ke final Piala FA, meski kalah 1-2 dari Manchester City.

Namun, musim keduanya dimulai dengan performa yang mengecewakan. Selain gagal lolos dari fase grup Liga Champions, performa United di liga dan kompetisi lainnya juga tak menunjukkan peningkatan.

Pengusaha asal Inggris, Jim Ratcliffe, yang berinvestasi di United awal tahun ini, sempat menyatakan bahwa masalah di klub ini lebih kompleks daripada sekadar soal manajer. "Selama 11 tahun terakhir, Manchester United memiliki banyak pelatih namun tidak ada yang sukses dalam lingkungan seperti ini," ungkap Ratcliffe kepada BBC Sport.

Sejak kedatangan Ratcliffe, manajemen klub mengalami perubahan signifikan dengan Dan Ashworth sebagai direktur olahraga, Omar Berrada sebagai CEO, dan Jason Wilcox sebagai direktur teknis. Struktur baru ini diharapkan bisa mendukung Ten Hag, namun hasil yang diharapkan belum tercapai.

Dewan klub merasa tidak ada perkembangan yang berarti di bawah kepemimpinan Ten Hag, yang dinilai gagal mempertahankan momentum dan progres yang diinginkan. Karena itu, Van Nistelrooy kini dipercaya sebagai pelatih interim hingga manajer tetap yang baru ditemukan.

"Erik ten Hag telah meninggalkan posisinya sebagai manajer tim utama Manchester United. Kami berterima kasih kepada Erik atas kontribusinya selama ini dan berharap yang terbaik untuknya di masa mendatang," demikian pernyataan resmi klub. "Ruud van Nistelrooy akan menangani tim sebagai pelatih interim bersama tim pelatih saat ini, sementara kami merekrut pelatih kepala permanen."

Komentar