nusabali

Sekda Apresiasi Festival Tirtagangga

  • www.nusabali.com-sekda-apresiasi-festival-tirtagangga

Sekda Karangasem I Gede Adnya Muliadi mengapresiasi inovasi Festival Pesona Tirtagangga III Tahun 2017.

AMLAPURA, NusaBali
Karena festival ini telah mempromosikan Objek Wisata Tirtagangga sebagai peninggalan Raja Karangasem. 

Objek wisata paduan antara spiritual, keindahan taman air dan patung pagoda. Nuansa spirit objek ini sangat kental yang ditandai adanya Pura Tirtagangga, kolam renang yang sakral dengan air yang bening berisi ikan-ikan karper warna-warni. Hal ini menjadi daya pikat tersendiri dan mata airnya tidak pernah henti. 

Sekda Adnya Muliadi mengungkapkan hal itu di sela-sela membuka Festival Pesona Tirtagangga III, di Objek Wisata Tirtagangga, Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (24/8). 

Adnya Muliadi merasakan ada inovasi dalam festival ini, antara lain, adanya lomba pemandu Objek Wisata Tirtagangga, lomba membawa minuman di jalan setapak melintasi tengah kolam, lomba cipta menu ibu-ibu PKK Karangasem, lomba mewarnai Karangasem The Spirit Of Bali melibatkan sejumlah siswa TK dan SMP, pameran UKM, fashion show, pameran berbagai jenis ikan air tawar, dan sebagainya. "Jadi festival bukan sekadar mendatangkan wisatawan untuk menonton tarian, juga memperkenalkan kuliner Karangasem dan hasil kerajinan, inovasi itu hendaknya terus dikembangkan," jelas Adnya Muliadi.

Adnya Muliadi mengingatkan, festival hendaknya memberikan kesempatan kepada sanggar seni untuk tampil. Sehingga secara tidak langsung, pelaku seni bergairah untuk berlatih, dan pembinaan berkesinambungan.

Festival Pesona Tirtagangga, 24-26 Agustus, menurut Kadis Pariwisata Karangasem I Wayan Astika, untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada pelaku UKM, pelaku seni menampilkan kreativitas. Menurut dia, Objek Tirtagangga  sebagai inspirasi awal atau pengembangan objek wisata lainnya di Karangasem. Pengelolaan Tirtagangga dengan mata air, kolam dengan air yang bening, menandakan selama ini telah mampu menjaga anugerah Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

"Kami menggelar Festival Pesona Tirtagangga, untuk memberikan kesan kepada wisatawan selain menyajikan keindahan alam, juga atraksi seni. Dan, memberikan kesempatan tampil kepada para pelaku seni," katanya. Kata dia, hanya di Karangasem ada keindahan alam yang terpadu dengan aktivitas spiritual. *k16

Komentar