nusabali

Bali Marathon Macetkan Arus Lalin

  • www.nusabali.com-bali-marathon-macetkan-arus-lalin

Beberapa lakalantas (kecelakaan lalulintas) terjadi akibat kondisi tersebut.

Lintasi Jalan 42 Km, Gianyar-Klungkung

GIANYAR, NusaBali
Lomba lari Bali Marathon 2017, Minggu (27/8) pagi, menuai sejumlah keluhan masyarakat. Terutama dari pengguna jalan yang melintas di jalur yang dijadikan lintasan sepanjang 42 kilometer (km) lebih itu. Karena ajang tahunan yang melintasi wilayah Gianyar - Klungkung ini memicu kemacetan panjang arus lalu lintas (lalin) pada puluhan titik jalan.

Beberapa lakalantas (kecelakaan lalulintas) terjadi akibat kondisi tersebut. Keluhan terbanyak disampaikan warga di Kota Gianyar yang dilintasi jalur full marathon dan half marathon ini. Khususnya para pedagang yang hendak menuju Pasar Umum Gianyar, harus terganggu akibat dilintasi jalur tersebut, Minggu dini hari. "Hampir se-jam saya terjebak macet, menuju Pasar Gianyar karena ada lomba lari ini," keluh Wayan Dama seorang pedagang sayur asal Desa Tegallalang, Gianyar.

Kemacetan arus lalulintas juga terjadi di sejumlah persimpangan menuju jalur yang dilintasi pelari. Kondisi ini pun disinyalir karena ketidaktahuan warga adanya pengalih fungsian jalan untuk ajang lari tingkat international ini. Kemacetan terpanjang terjadi di sepanjang Jalur Bypass Prof Dr IB Mantra, khususnya pengguna jalan dari arah Denpasar dan sebaliknya. Sejumlah lakalantas terjadi Minggu pagi kemarin. Namun tidak sampai memakan korban jiwa. Sejumlah korbannya menderita luka ringan dan kerugian material.

Kasat Lantas Polres Gianyar AKP Gede Eka Putra Astawa mengakui terjadinya kemacetan di puluhan titik akibat ajang lomba itu. "Ya, memang ada kemacetan, karena pengalihan arus di beberapa ruas jalan,"  ucapnya.

Beberapa laporan lakalantas sudah diterima, khususnya di Bypass IB Mantra. Dikatakan, laka lantas itu karena ketidaksabaran pengguna jalan saat melintas sehingga terjadi tabrakan. "Beberapa kasus lakalantas di Bypass IB Mantra sudah kami tangani, kalau di seputaran Kota Gianyar belum kami terima informasinya," katanya.

Kata Astawa, pemilihan jalur Bali Marathon yang melintasi Kota Gianyar sudah melalui beberapa kali rapat. Pihaknya pun sudah menyampaikan berbagai pertimbangan bila memaksakan menggunakan jalur yang melintasi Kota Gianyar, yang nota bena terdapat banyak persimpangan. " Sudah kami sampaikan (pertimbangan, Red) saat rapat di Polda Bali. Tapi panitia tetap kukuh, kami pun sudah menurunkan personel gabungan dari Polda, Polres dan masing masing Polsek," tandasnya. *nvi

Komentar