nusabali

Kapolda Puji Polwan Polda Bali

  • www.nusabali.com-kapolda-puji-polwan-polda-bali

Dari 714 Polwan Polda Bali, beberapa sudah diberikan kesempatan untuk menduduki jabatan-jabatan strategis. Tiga orang di tingkat pejabat utama, satu berpangkat Kombes, dua berpangkat AKBP.

DENPASAR, NusaBali

Polisi Wanita (Polwan) Polda Bali menggelar syukuran dalam rangka memperingati HUT ke-69, di Hotel Aston, Denpasar, Selasa (12/9). Acara ini dihadiri Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose, Pejabat Utama Polda Bali, Ketua Bhayangkari Daerah Bali sekaligus Ibu Asuh Polwan Ny Barbara Golose, Wakil Ketua Bhayangkari Ny Ayu Alit Widana dan Purnawirawan Polwan Polda Bali.

Pada kesempatan ini, Kapolda mengatakan, Bali adalah cermin dan halaman Indonesia. Berbagai hajatan tingkat dunia diselenggarakan di Pulau Dewata ini. Yang terdekat adalah IMF-WB Annual Meetings 2018. Pada event tersebut, banyak personel Polwan yang ambil bagian. Diantaranya sebagai Security Officer (SO) dan Liaison Officer (LO) untuk memberikan pengamanan kepada para delegasi.

Polwan dengan motor besar juga disiapkan untuk melakukan pengawalan. Polwan akan selalu menjadi srikandi-srikandi Bhayangkara yang senantiasa mengharumkan nama besar Polri melalui pelaksanaan tugas yang profesional, modern dan terpercaya (Promoter), dengan mencerminkan sikap yang penuh simpatik, kehangatan dan keramahan kepada masyarakat.

“Saya melanjutkan kebijakan Kapolri yang disebut dengan Promote. Khusus di Bali, banyak Polwan yang memiliki potensi-potensi yang ada dari kearifan lokal. Polwan kita serba bisa, bisa main musik, menari, menyanyi dan diving. Bahkan mampu meraih medali saat mengikuti kejuaraan seperti menembak dan beladiri,” ucap Irjen Golose.

Lebih lanjut, Kapolda menjelaskan bahwa banyak negara di dunia yang sudah mempercayakan wanita menduduki jabatan strategis, seperti Georgia, Australia, Kanada dan Meksiko. “Pejabat negara dan kepolisian dijabat oleh perempuan, tujuannya adalah untuk menekan angka korupsi yang ada di negara tersebut,” ujar lulusan Akpol tahun 1988 ini.

Kapolda memaparkan, dari 714 Polwan Polda Bali, beberapa sudah diberikan kesempatan untuk menduduki jabatan-jabatan strategis. Tiga orang di tingkat pejabat utama, satu berpangkat Kombes, dua berpangkat AKBP. Satu Polwan menjabat Wakapolres. Selain itu, tiga dari sembilan Kasat Lantas di Polres jajaran Polda Bali, dijabat oleh Polwan yaitu Kasat Lantas Polresta Denpasar, Tabanan dan Bangli.

Ditunjuknya para Polwan ini, agar bisa meminimalisir korupsi-korupsi jalanan yang dilakukan oleh Polri, sehingga nantinya dapat merebut hati masyarakat. Dari srikandi-srikandi ini, Kapolda berharap para Polwan mampu menangani dan mencegah kejahatan terutama kejahatan anak dan perempuan. Masalah kepemimpinan, Polwan tidak kalah dengan polisi laki-laki.

Puncak acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Jadi Polwan Ke-69 Tahun 2017 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Asuh Polwan Polda Bali, Ny Barbara Golose, didampingi Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose. Panitia penyelenggara menampilkan sejumlah hiburan, seperti Tabuh Gambang Suling, Tari Janger dan Joged, dan Tari Chacha yang dikombinasikan dengan Lagu Tanase.

Dengan disuguhkaannya beraneka jenis tarian, membuat Kapolda larut dan menikmati setiap tarian yang dibawakan oleh para Polwan. Bahkan Kapolda dan Ibu Asuh Polwan ikut menari joged mengiringi para penari. Sebagai kado terindah untuk Polwan, Kapolda secara spesial membacakan dua puisi dan menyanyi. Sedangkan Ibu Asuh Polwan beserta Bhayangkari Daerah Bali bernyanyi untuk para Polwan.

Yang istimewa, tahun ini perwakilan Korps Wanita TNI AD, AU dan AL turut hadir dan memberikan surprise dengan membawa kue ulang tahun yang diserahkan kepada Pakor (Perwira Koordinator) Polwan Polda Bali AKBP I Gusti Ayu Sasih, SH. “Ini sangat luar biasa, semoga sinergitas Polri dan TNI melalui Polwan dan Korps Wanita TNI bisa berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan,” tutup Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Polwan, AKBP AA Wirahatiningsih. *rez

Komentar