nusabali

Peringatan Puputan Badung Siap Digelar

  • www.nusabali.com-peringatan-puputan-badung-siap-digelar

Peringatan Puputan Badung kembali digelar Pemkot Denpasar dengan berbagai agenda budaya. 

Dimeriahkan Mahabandana Prasada dan Atraksi Budaya Banjar Tainsiat

DENPASAR, NusaBali
Memasuki peringatan Puputan Badung ke-111 Tahun 2017 akan digelar kolaborasi kegiatan Mahabandana Prasada dan gelaran budaya Banjar Tainsiat, Desa Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara pada pada 20 September 2017.

Pembahasan persiapan berbagai agenda tersebut dilakukan Selasa (12/9) dipimpin Plt Dinas Kebudayaan Kota Denpasar I Nyoman Sujati. Hadir juga dalam pertemuan tersebut salah satu panglingsir Puri Agung Denpasar AAN Agung Wira Bima Wikrama, Kelian Banjar Tainsiat IB Gede Suryadharma, Sekaa Teruna Yowana Saka Bhuwana Banjar Tainsiat, OPD terkait Pemkot Denpasar, dan seniman Denpasar I Nyoman Suarsa (Yan Pung).

I Nyoman Sujati mengatakan, peringatan Puputan Badung kembali digelar di Catus Pata Banjar Tainsiat  sebagai kawasan yang pernah terjadi peristiwa heroik Puputan Badung. Kolaborasi pelaksanaan kegiatan ini juga digelar dengan prosesi Mahabandana Prasada yang telah menjadi agenda rutin tahunan dengan berbagai kegiatan budaya. Hal ini juga menurut Sujiati telah menjadi komitmen Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I GN Jaya Negara memberikan pemaknaan semangat heroik Puputan Badung dengan gelaran kegiatan budaya. 

Pembukaan Mahabandana Prasadha dan Peringatan Puputan Badung pada 20 September 2017 dipusatkan di Catus Pata Banjar Tainsiat mulai pukul 15.30 Wita. Prosesi pembukaan akan diisi dengan melantunkan Tembang Sekar Alit karya Sastra Cokorda Mantuk Ring Rana, Fragmen Tari Perang Puputan Badung 1908, Prosesi Keris Pusaka, dan Prosesi Grebek Aksara. “Prosesi iring-iringan mengambil start dari kantor Walikota Denpasar menuju ke arah Jalan Veteran dan melakukan atraksi di Catus Pata Banjar Tainsiat,’’ ujarnya, sembari mengatakan agenda telah dimulai dari tanggal 17 September 2017 yang dilanjutkan dengan Parade Gong Kebyar di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung. *cr63

Komentar