nusabali

Jalan Tol Bali Mandara Dibantu Tongtol

  • www.nusabali.com-jalan-tol-bali-mandara-dibantu-tongtol

PT Jasamarga Bali Tol /JBT, pengelola Jalan Tol Bali Mandara, tidak membahas soal piranti bantu disebut tongkat e-tol atau tongtol yakni alat bantu menempelkan kartu e-toll atau Unik (Uang Elektronik) pada mesin gerbang tol. 

DENPASAR, NusaBali 
Namun demikian, pihak JBT mengakui tongkat e-tol atau tongtol juga perlu.”Ya sebagai alat bantu perlu,” ujar Putu Gandi,  Humas JBT,  Kamis (14/9 ).

Hanya saja karena sifatnya  sebagai aksesoris saja, tongkat e-tol atau tongtol, tidak dibahas khusus terkait pemberlakuan transaksi non tunai di jalan Tol Bali Mandara 1 Oktober mendatang. “Jika nanti transaksi non tunai sudah 100 persen, tidak perlu lagi (dengan tongkat e-tol/tongtol),” papar Gandi. Mengapa ? Karena jika semua sudah normal, transaksi non tunai hanya perlu waktu dua detik. “Sehingga tidak akan antrean di gerbang tol,”  ujar Gandi.

Sebelumnya soal tongkat e-tol atau tongtol mencuat, menyusul kemungkinan terjadinya antrean pada saat pemberlakuan transaksi non tunai atau dengan uang elektronik (Unik) di Tol Bali Mandara. 

Tongtol sebagaimana tongkat bantu untuk selfie  atau juga disebut tongsis (tongkat narsis), sebagai alat bantu untuk menempelkan kartu Unik pada mesin pembaca di gerbang tol. Informasi tongtol atau tongkat e-tol marak di media menyusul kemungkinan terjadinya antrean di tol. Sebagai alat bantu pengemudi menempelkan kartu tol atau uang elektronik pada mesin tol, tongkat tol diharapkan jadi solusi.  *k17

Komentar