nusabali

Belum Terangkut, 22 Truk Sampah di Dalem Besakih

  • www.nusabali.com-belum-terangkut-22-truk-sampah-di-dalem-besakih

Sampah bekas banten usai Usaba Dalem Puri pada 9–15 Januari di Pura Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, belum terangkut. 

AMLAPURA, NusaBali
Sebagian sampah terbuang ke jurang, sedangkan sampah lainnya masih menumpuk di tegal penangsaran atau jaba Pura Dalem, seluas sekitar 50 are. Volume sampah yang masih menumpuk diperkirakan mencapai 22 truk.

Camat Rendang I Wayan Mastra telah berkoordinasi dengan Perbekel Besakih I Wayan Benya, Kelian Desa Pakraman Besakih I Wayan Gunatra, Pamangku di Pura Dalem Besakih I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, dan petugas kebersihan. Sampah-Sampah itu akan mulai diangkut, Sabtu (16/1). Sebab, Ida Bhatara masineb pada Sabtu (16/1). 

Sebenarnya sampah di jalur menuju Pura Dalem mulai dibersihkan, agar memudahkan pamedek lalu lalang. Tetapi yang masih menumpuk di jaba Pura Dalem, di areal tegalan. Sedangkan sampah bekas banten di jeroan Pura Dalem, pangayah langsung membuang ke jurang bagian sisi barat jaba Pura Dalem.

Kebanyakan sampah tersebut merupakan sampah organik yang diminati petani setempat untuk pupuk di tegalan. Tetapi sampah itu masih bercampur plastik tas kresek, sehingga perlu dipilah-pilah sebelum digunakan untuk pupuk organik.

Rencananya, seluruh sampah yang diperkirakan mencapai 22 truk tersebut diangkut ke TPA Banjar Batang, Desa Menanga Kecamatan Rendang. “Syukurnya selama berlangsung Usaba Dalem Besakih, cuaca terang tidak sempat turun hujan, sehingga nantinya tidak menyulitkan mengangkut sampah. Biasanya usaba itu identik dengan hujan, sehingga sampah menyatu dengan lumpur,” kata Wayan Mastra, Jumat (15/1).

Gusti Mangku Kubayan juga bersyukur, selama usaba pamedek lancar melakukan persembahyangan, dan sampah yang menumpuk tidak terguyur hujan. “Nantinya petugas lebih mudah mengangkut sampah, karena sampahnya tidak basah,” ujarnya.

Di bagian lain, Kepala DDinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karangasem I Made Suama, mengatakan selama ini di jalur barat Pura Besakih yang mewilayahi Pura Dalem Puri, dipekerjakan 36 petugas yang dibiayai Pemprov Bali. Namun karena volume sampah cukup banyak usai upacara, maka petugas di bagian timur Pura Besakih dipersiapkan membantu membersihkan. “Sebanyak 36 petugas dioptimalkan. Jika mereka kewalahan, nanti petugas bagian timur membantu,” kata Made Suama. Apalagi, lanjutnya, ada arm roll yang akan memudahkan untuk mengangkut sampah. 7 k16

Komentar