nusabali

Blangko SIM Kosong, Pemohon SIM Menurun

  • www.nusabali.com-blangko-sim-kosong-pemohon-sim-menurun

Selama sebulan lebih, stok blangko Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polers Gianyar masih kosong. 

GIANYAR, NusaBali
Karena itu, pemohon SIM baru maupun perpanjangan diberikan surat keterangan. Akibat dari kekosongan blangko ini, permohonan untuk SIM baru pun menurun. Hal itu diakui Kasatlantas Polres Gianyar AKP Gede Eka Putra Astawa. "Material blangko untuk SIM belum didrop oleh Mabes Polri," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (2/10).

Menurut Kasat Lantas Polres Gianyar, kekosongan material blangko SIM sudah terjadi sekitar sebulan lalu dan hingga kini belum juga datang. "Karena tidak ada blangko, pemohon SIM baru lebih banyak membatalkan permohonannya dan memilih menunggu blangko datang. Dampaknya, permohonan SIM bulan-bulan ini menurun ketimbang bulan-bulan sebelumnya," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, blangko atau material bahan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polres Gianyar kosong sejak pertengahan bulan Agustus lalu. Sebagai pengganti, petugas memberikan SIM sementara berbentuk lembaran kertas kepada pemohon.

Kasatlantas Polres Gianyar, AKP Gede Putra Astawa mengatakan kehabisan blangko SIM juga dialami daerah lain. Hal tersebut disebabkan karena lelang pengadaan blangko di Korlantas Polri masih berlangsung. Bahan material SIM dikatakan telah habis sejak Rabu (23/8) lalu. 

Gede Astawa mengaku belum mengetahui secara pasti kapan blangko SIM selesai dilelang. Pihaknya tetap menerbitkan SIM sementara hingga blangko SIM tiba. "Kami mohon masyarakat bisa bersabar," ujarnya.

Setelah blangko SIM tiba nanti, pemohon bisa datang kembali ke Satlantas Polres Gianyar. SIM sementara kemudian diserahkan kepada petugas untuk dicetakkan SIM yang baru. Terkait kosongnya material SIM ini, pihaknya juga telah memasang banner pemberitahuan. "Sudah kami pasang di kantor pelayanan tentang habisnya material SIM, supaya dimaklumi bersama," imbuhnya.*nvi

Komentar