nusabali

ILO: Ekonomi Global Membaik, Pengangguran Tidak Turun

  • www.nusabali.com-ilo-ekonomi-global-membaik-pengangguran-tidak-turun

Lebih dari 201 juta pekerja di seluruh dunia saat ini menganggur, meningkat 3,4 juta dibandingkan tahun 2016. 

JENEWA, NusaBali
Secara global, prospek ekonomi membaik, namun di banyak wilayah, tingkat pertumbuhan tetap di bawah tingkat yang dibutuhkan untuk kemajuan pesat dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, sebuah laporan oleh Organisasi Buruh Internasional (ILO) mengatakan Senin (9/10).

"Lebih dari 201 juta pekerja di seluruh dunia saat ini menganggur, meningkat 3,4 juta dibandingkan tahun 2016. Tingkat pengangguran global mencapai 5,8 persen, dan diperkirakan tidak akan turun dalam waktu dekat," kata laporan tersebut.

Laporan ILO mencatat bahwa lingkungan global dan regional untuk perusahaan-perusahaan telah terus berkembang sejak 2008. "Dampak-dampak dari pertumbuhan ekonomi dan perdagangan pada rantai pasokan global yang lebih rendah serta kekhawatiran terkait dengan kuantitas pekerjaan dan kualitas pekerjaan, cukup tinggi pada agenda-agenda banyak negara," kata laporan tersebut.

Tren-tren penting lainnya, seperti perubahan teknologi dan inovasi adalah membentuk dunia kerja dengan cara baru dan berbeda serta telah mempersulit lingkungan pasca krisis 2008. Laporan tersebut, yang berjudul ‘World Employment and Social Outlook 2017’, meneliti bagaimana perusahaan-perusahaan -- sebagai mesin penciptaan lapangan kerja -- telah terpengaruh oleh dan menanggapi perkembangan ini.

Laporan ini menganalisis, khususnya, implikasi perkembangan-perkembangan ini terhadap kinerja perusahaan dan dinamika pekerjaan.

ILO mempertimbangkan bagaimana kebijakan untuk mendukung perusahaan dan lingkungan di mana mereka beroperasi dapat membantu menciptakan lapangan kerja lebih banyak dan lebih baik dan, pada gilirannya, mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Dikatakan bahwa meskipun ada beberapa kemajuan yang dicapai selama beberapa dekade terakhir, hampir 780 juta pekerja di negara-negara berkembang dan negara-negara baru muncul (yang berhubungan dengan hampir setiap pekerja ketiga) masih hidup dalam kondisi kemiskinan ekstrim atau sedang.

Laporan tersebut mengatakan bahwa lebih dari 1,4 miliar pekerja di seluruh dunia berada dalam pekerjaan yang rentan, dan jumlahnya meningkat sekitar 11 juta setiap tahunnya. "Situasi ini menimbulkan tantangan yang signifikan, karena para pekerja ini cenderung memiliki pekerjaan yang aman dengan pendapatan reguler dan akses terhadap perlindungan sosial," kata laporan tersebut, mencatat bahwa di masa mendatang dunia masih menghadapi defisit pekerjaan yang layak.7ant

Komentar