nusabali

Terminal Mengwi Kembali Ramai

  • www.nusabali.com-terminal-mengwi-kembali-ramai

Kewenangan Terminal Mengwi kini sepenuhnya di bawah Balai Pengelola Transportasi Darat XII wilayah Bali dan NTB.

MANGUPURA, NusaBali

Semenjak bus antar kota antar provinsi (AKAP) tak lagi diperkenankan masuk ke Terminal Ubung, Kota Denpasar, aktivitas di Terminal Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, kembali ramai. Berdasarkan pantauan pada Senin (23/10) siang hingga sore, bus AKAP hilir mudik ke terminal tipe A satu-satunya di Bali tersebut.

Data yang berhasil dihimpun, hingga pukul 15.00 Wita tercatat ada 34 bus AKAP hilir mudik. Sebanyak 27 bus tiba di terminal dan 7 bus berangkat. Sementara untuk penumpang total ada 402 orang, dengan rincian sebanyak 312 orang tiba di terminal, dan 90 orang berangkat dari terminal ini.

“Terhitung hari ini (Senin kemarin) seluruh bus AKAP berhenti di Terminal Mengwi. Karena kan memang sudah aturannya,” kata Koordinator Terminal Mengwi Cokorda Agung Suarmaya.

Menurut pria yang mulai bertugas di Terminal Mengwi per 1 September 2017, itu kewenangan Terminal Mengwi berada sepenuhnya di bawah Balai Pengelola Transportasi Darat XII wilayah Bali dan NTB. Hasil rapat terakhir yang dilakukan, pemindahan harus diterapkan secepat mungkin.

Apakah ada kendala atas kebijakan ini? Suarmaya mengaku tak ada kendala berarti. Semua berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Namun diakui masih perlu penyesuaian, terutama bagi para penumpang yang sebelumnya terbiasa turun di Terminal Ubung.

Pihaknya menegaskan ke depannya akan lebih mengoptimalkan Terminal Mengwi. “Karena baru awal di sini (Terminal Mengwi), kami akan terus evaluasi. Saat ini masih proses penyesuaian,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung AA Rai Yudha Darma menyambut baik rencana pengoperasian penuh Terminal Mengwi yang selama ini tersendat-sendat. “Dengan beroperasi penuh Terminal Mengwi diharapkan akan mengurangi kemacetan lalu lintas di kawasan Mangupura dan Denpasar,” harapnya.

Yudha Darma mengaku semenjak pengelolaan di bawah Balai Pengelola Transportasi Darat XII wilayah Bali dan NTB, Dishub Badung tak lagi punya kewenangan di Terminal Mengwi. Akan tetapi bila dibutuhkan, pihaknya siap membantu untuk mengatur lalu lintas di sekitar terminal.

Untuk diketahui, bagi penumpang yang turun di Terminal Mengwi, pihak terkait telah menyiapkan moda transportasi menuju ke sejumlah daerah di Bali. Moda transportasi yang tersedia di antaranya angkot, taksi, APV, serta bus Trans Sarbagita. *asa

Komentar