nusabali

Dishub Bakal Hidupkan Terminal Dalung

  • www.nusabali.com-dishub-bakal-hidupkan-terminal-dalung

Dishub Badung juga berencana menyambungkan trayek dari Terminal Mengwi, Dalung, dan Kuta.

MANGUPURA, NusaBali

Setelah tak lagi punya kewenangan mengelola Terminal Mengwi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung berencana menghidupkan lagi Terminal Dalung, Kecamatan Kuta Utara. Sebab sejak lama terminal tersebut kondisinya ‘mati suri’.

Berdasarkan pantauan, Jumat (27/10), kondisi Terminal Dalung nyaris tak tampak aktivitas. Bahkan tak tampak ada angkutan umum seperti layaknya terminal pada umumnya. “Sudah lama nggak berfungsi pak,” tutur salah seorang warga.

Melihat Terminal Dalung yang tak optimalkan lagi fungsinya, Dishub Badung berencana menghidupkan lagi agar bisa mendukung pengoptimalan Terminal Mengwi oleh Balai Pengelola Transportasi Darat XII Wilayah Bali dan NTB. Rencana mengoptimalkan Terminal Dalung yang berstatus tipe C ini disampaikan Kepala Dishub Badung Anak Agung Ngurah Rai Yuda Dharma. “Selain Terminal Dalung, Pemkab Badung juga memiliki rencana mengoptimalkan Central Parkir Kuta,” imbuhnya.

Dikatakan Yuda Dharma, pihaknya segera melakukan kajian agar kedua terminal tersebut bisa ‘hidup’. Pihaknya berharap Terminal Dalung dan Central Parkir Kuta ke depan bisa menjadi penunjang keberadaan Terminal Tipe A Mengwi untuk wilayah Badung.

Kajian yang akan dilakukan, di antaranya layak tidaknya terminal di tempat tersebut. Termasuk masalah trayek, pihaknya berencana menyambungkan trayek dari Terminal Mengwi, Dalung, dan Kuta (Central Parkir, Red). “Bila dibuka trayeknya langsung ke Terminal Mengwi kan bisa dimanfaatkan masyarakat. Ini harapan kami,” ujarnya.

Mantan Camat Kuta Utara ini berharap dengan diambilalihnya Terminal Mengwi oleh pemerintah pusat, pihaknya bisa fokus mengurus terminal-terminal tipe C yang ada di wilayah Badung. Meski begitu pihaknya menegaskan siap membantu. “Tetapi bila dibutuhkan, Dishub siap membantu untuk mengatur lalu lintas di sekitar terminal,” tandas Yuda Dharma. *asa

Komentar