nusabali

Objek Wisata Sepi Pengunjung

  • www.nusabali.com-objek-wisata-sepi-pengunjung

Sejumlah objek wisata sepi pengunjung saat liburan Umanis Galungan, Wraspati Umanis Dungulan, Kamis (2/11).

AMLAPURA, NusaBali
Hanya segelintir pengunjung, baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal yang datang. Kendaraan parkir relatif sepi bahkan tanpa ada pedagang kaki lima yang biasanya ramai di setiap objek wisata.

Pantauan NusaBali di Objek Wisata Tirtagangga dan Objek Wisata Taman Sukasada Ujung terlihat lengang, yang berkunjung bisa dihitung dengan jari. Padahal Objek Wisata Tirtagangga di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem paling strategis. Biasanya di Objek Wisata Tirtagangga, kendaraan parkir hingga ke bahu jalan, kali ini terlihat lengang. Kapolsek Abang AKP I Nyoman Sugita Yasa tidak lagi disibukkan mengatur arus lalulintas.

Wisatawan yang datang di Objek Wisata Tirtagangga, menikmati taman air, patung pagoda memuntahkan air, kemudian bermain-main dengan ikan-ikan karper yang jinak sambil memberikan makanan. Wisatawan asing dan wisatawan lokal berbaur foto bersama dengan latar belakang kolam. Sebanyak 19 petugas di objek itu terlihat tidak sesibuk biasanya. Petugas tiket, I Ketut Kembar mengakui sejak pagi kunjungan sepi.

Hanya terlihat sedikit lebih ramai kunjungannya di Objek Wisata Rumah Pohon, Lingkungan Temega, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem. Pengunjung yang datang, rata-rata naik ke rumah pohon hingga di rumah lantai tiga yang merupakan rumah paling tinggi, sejajar dengan pohon kelapa. Selanjutnya melakukan swafoto, kemudian turun dan meninggalkan lokasi.

Suasana sepi juga di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem pengunjung jalan-jalan keliling kolam dan bangunan peninggalan Kerajaan Karangasem. Sebagian menikmati berwisata naik perahu keliling kolam. “Memang status Gunung Agung sangat mempengaruhi sepinya kunjungan ke Objek Wisata Taman Sukasada Ujung,” jelas Kepala Badan Pengelola Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Ida Made Alit. Tercatat 15 ODTW (objek daya tarik wisata) yang selama ini dikelola Pemkab Karangasem rata-rata pengunjung juga sepi saat Umanis Galungan. *k16

Komentar