nusabali

Pemkab Tabanan Nganyarin di Pura Dalem Balingkang

  • www.nusabali.com-pemkab-tabanan-nganyarin-di-pura-dalem-balingkang

Serangkaian Pujawali di Pura Dalem Balingkang, Desa Pakraman Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Pemkab Tabanan menggelar Bhakti Panganyar pada Saniscara Pon Dungulan, Sabtu (4/11).

TABANAN, NusaBali
Bhakti Panganyar tersebut dipimpin Sekda Kabupaten Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa mewakili Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang berhalangan hadir.

Turut pula hadir sejumlah Kepala OPD Tabanan, di antaranya Plt Kepala Dinas PU Tabanan I Made Yudiana, Kepala Dinas Perdagangan I Gusti Nyoman Arya Wardana, Kepala Dinas Perikanan Tabanan I Made Subagia, Kabag Kesra Ni Made Irma Yanti Sundari dan segenap jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tabanan lainnya.

Kabag Kesra Setda Tabanan, Ni Made Irma Yanti Sundari menjelaskan, rangkaian upacara tersebut diawali dengan menghaturkan banten penganyar di masing-masing palinggih. Kemudian proses upacara dipuput Sulinggih Ida Mpu dari Griya Kaba-Kaba, Kecamatan Kediri, Tabanan serta dilengkapi dengan persembahan Wayang Lemah dari Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan.

"Setiap ada pujawali kami mendapatkan uleman (undangan) sama seperti kabupaten lain, dan Pemkab Tabanan gilirannya hari ini (kemarin, red)," ungkap Sundari. Dikatakannya, Bhakti Panganyar tersebut mulai dihaturkan pada pukul 10.00 Wita dan berakhir sekitar pukul 13.00 Wita. Karena giliran dari Pemkab Tabanan mengaturkan Bhakti Panganyar, maka seluruh sarana perlengkapan upakara dibawa dari Tabanan. "Termasuk pula banten dan perlengkapan yang lainnya," imbuh Sundari.

Dijelaskan Sundari, Bhakti Panganyar tersebut merupakan rangkaian dari Pujawali yang dilaksanakan di Pura Dalem Balingkang setiap Purnama Kelima. Puncaknya jatuh pada Sukra Paing Dungulan, Jumat (3/11). "Ida Bhatara nyejer sampai tanggal 14 November 2017 mendatang," jelasnya.

Dalam acara nganyarin Pemkab Tabanan yang dipimpin Sekda I Nyoman Wirna Ariwangsa tersebut, turut didampingi oleh Pemimpin Redaksi NusaBali, I Ketut Naria sekaligus pengempon dari Pura Dalem Balingkang yang ada di Desa Pakraman Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Untuk diketahui Pura Dalem Balingkang merupakan salah satu Pura tua warisan zaman Raja Sri Aji Jaya Pangus yang beristrikan putri China Kang Cing We menjadi penguasa Bali Dwipa. Istana kerajaan waktu itu berada di Puri yang sekarang menjadi Pura Dalem Balingkang yang merupakan Pura Kahyangan Jagat dibangun di atas tanah seluas 16 hektare. *d

Komentar