nusabali

Harga Daging Babi Rp 70.000/Kg

  • www.nusabali.com-harga-daging-babi-rp-70000kg

Memasuki H-1 Penampahan Hari Raya Kuningan, Kamis (9/11), harga daging babi pada sejumlah pasar tradisional Jembrana, kembali melonjak.

Jelang Penampahan Kuningan

 
NEGARA, NusaBali
Harga daging babi Rp 60.000/ kilogram (kg) pasca Hari Raya Galungan, kini kembali naik menjadi Rp 70.000/kg. Hal itu terungkap saat jajaran Dinas Koperindag Jembrana memantau harga sejumlah kebutuhan pokok pada pasar tradisional di seputaran Kota Negara, Kecamatan Negara dan Kecamatan Jembrana, Kamis kemarin. empat pasar tradisional dijajaki petugas yakni Pasar Umum Negara, Pasar Umum Jembrana, Pasar Anyar Banjar Tengah, dan Pasar Adat Lelateng mulai pukul 05.30 Wita sampai pukul 10.30 Wita. Secara merata daging babi dijual Rp 70.000/kg. Harga daging babi tersebut, baru naik bertepatan dengan Penampahan Hari Raya Kuningan, Kamis kemarin.

Sedangkan harga sembako lainnya, terpantau masih normal. Hanya saja di Pasar Umum Jembrana, diketahui terjadi peningkatan harga sejumlah bahan bumbu. Di antaranya, harga cabai merah dan bawang merah, lebih mahal dibanding tiga pasar lainnya. Di mana khusus di Pasar Umum Jembaran terebut, harga cabai merah dan bawang merah, sama-sama dijual Rp 18.000/kg, dari sebelumnya Rp 14.000/kg. Sedangkan pada tiga pasar lainnya, cabai merah dan bawang merah, rata-rata masih dijual seharga Rp 15.000-16.000/kg.

Kadis Koperindag Jembrana Made Gede Budhiarta mengatakan, secara umum harga sembako masih normal. Sedangkan mengenai kenaikan harga cabai merah dan bawang merah di Pasar Umum Jembrana, yang berbeda dengan kondisi pada tiga  pasar lainnya, karena peningkatan permintaan. Namun kenaikan harga tersebut masih dalam batasan normal. “Karena ada peningkatan permintaan. Tetapi untuk harganya, ya masih masuk normal, dan untuk stok dipastikan masih aman,” ujarnya. *ode

Komentar