nusabali

Dishub Kaji Bangun Pos Terpadu di Terminal Dalung

  • www.nusabali.com-dishub-kaji-bangun-pos-terpadu-di-terminal-dalung

Pemerintah Kabupaten Badung terus mematangkan kajian untuk mengoptimalkan keberadaan Terminal Dalung, Kecamatan Kuta Utara.

MANGUPURA, NusaBali
Kini juga muncul wacana baru untuk membangun pos terpadu. Dengan pos terpadu diharapkan bisa menghidupkan terminal tipe C yang telah cukup lama ‘mati suri’. “Pembangunan pos terpadu di situ tidak akan mengganggu aktivitas terminal. Malah itu sangat bagus. Seperti halnya di Terminal Ubung. Di sana juga ada pos terpadu, ada pemadam kebakarannya,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung AA Rai Yudha Darma, Senin (20/11) kemarin.

Dengan konsep adanya terminal dan pos terpadu, pihaknya meyakini akan membantu masyarakat Kuta Utara, terutama di Dalung yang kompleksitasnya sangat tinggi. “Tapi ini akan kami kaji dulu,”  tandasnya.

Untuk diketahui, setelah tak lagi punya kewenangan mengelola Terminal Mengwi, pihak Dishub Kabupaten Badung berencana menghidupkan lagi Terminal Dalung, Kecamatan Kuta Utara. Sebab sejak lama terminal tersebut kondisinya ‘mati suri’.

Berdasarkan pantauan, Jumat (27/10) lalu, kondisi Terminal Dalung nyaris tak tampak aktivitas. Bahkan tak tampak ada angkutan umum seperti layaknya terminal pada umumnya. “Udah lama nggak berfungsi pak,” tutur salah seorang warga.

Melihat Terminal Dalung yang tak optimalkan lagi fungsinya, Dishub Badung berencana menghidupkan lagi agar bisa mendukung pengoptimalan Terminal Mengwi oleh Balai Pengelola Transportasi Darat XII Wilayah Bali dan NTB. Selain Terminal Dalung, Pemkab Badung juga memiliki rencana mengoptimalkan Central Parkir Kuta.

Dishub Badung bahkan berencana akan menyambungkan trayek dari Terminal Mengwi, Dalung dan Kuta. “Bila dibuka trayeknya langsung ke Terminal Mengwi kan bisa dimanfaatkan masyarakat. Ini harapan kami,” kata Yudha Darma. *asa

Komentar