nusabali

PHDI Banten Gelar Upacara Mediksa

  • www.nusabali.com-phdi-banten-gelar-upacara-mediksa

Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten menggelar upacara Mediksa Jero Mangku Gede Prof. DR. I Wayan Ardana, M.PD, M. Fil.H di Pura Merta Sari, Rempoa, Tangerang Selatan.

JAKARTA, NusaBali

Menurut Ketua PHDI Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja, ini merupakan upacara Mediksa pertama kali di provinsi Banten. Namun dia merupakan pandita ketiga di provinsi tersebut. "Ini pertama kali upacara Mediksa di Banten, tetapi beliau merupakan pandita ketiga di provinsi Banten. Dua lainnya Medikse di Bali," ujat Alit kepada NusaBali di Pura Merta Sari, Rempoa, Tangerang Selatan, Kamis (23/11).
 
Sebelumnya Banten telah memiliki Ida Pedanda Nabe Gede Putra Sidemen. Lalu Ida Pandita Putra Mada Manuaba. Dengan upacara Mediksa ini membuat jumlah pandita di provinsi Banten menjadi tiga orang. Jero Mangku Gede I Wayan Ardana pun namanya menjadi Ida Pandita Dharma Putra Paseban. Sementara istrinya, Ida Pandita Istri Dharma Putra Mekarini.

Alit mengatakan, upacara Mediksa dilakukan karena ada kebutuhan umat. Provinsi Banten memiliki enam pura dengan jumlah penduduk sekitar 40 ribu orang,  namun baru punya dua pandita. Oleh karena itu, ada usulan dari masing-masing banjar dan Pura agar ada penambahan.

"Atas saran dan pentunjuk Ida Pedanda Nabe Gede Putra Sidemen ada empat calon. Dari empat calon, yang lolos satu, Jero Mangku Gede Prof. I Wayan Ardana, M.PD, M. Fil. H. Kini dia menjadi pinandita. Tak mudah menjadi pinandita, karena prosesnya ketat," kata Alit.

Sementara Ketua Panitia upacara Mediksa, I Nengah Arsa mengatakan, ada beberapa tahapan yang dilaksanakan. Sebelumnya pada Sabtu (18/11) lalu ada upacara Ngaturang Pejati dan berkunjung ke tempat calon adi guru (nabe). Lalu upacara Mepinton ke tempat calon adi guru, upacara Nuwur Adi Guru (nabe).

Pada Minggu (19/11) dilaksanakan kegiatan Diksa Pariksa dan upacara Sembah Pamitan. Yang menjadi inti upacara adalah upacara Amati Raga, Mesiram dan upacara Mediksa dengan 16 rangkaian yang dilakukan pada Kamis (23/11). Semua berjalan dengan baik. *k22

Komentar