nusabali

Rai Mantra Luncurkan Program Damakesmas dan UHC

  • www.nusabali.com-rai-mantra-luncurkan-program-damakesmas-dan-uhc

Pemerintah Kota Denpasar terus melakukan terobosan dalam mempermudah akses pelayanan pada masyarakat.

Permudah Akses Pelayanan Kesehatan

 
DENPASAR, NusaBali
Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan pelayanan santunan kematian berbasis IT, kini Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra kembali meluncurkan mempermudah akses pelayanan kesehatan masyarakat melalui Damakesmas (Denpasar Mantap Kesehatan Masyarakat) dan UHC (Universal Health Coverage).

Peluncuran program ini berkaitan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53, di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Jumat (24/11). Peluncuran tersebut ditandai dengan penyerahan kunci mobil dan motor untuk petugas kesehatan oleh Walikota yang disaksikan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara dan Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly Mantra.

“Dengan peluncuran program Damakesmas dan UHC kami harap semakin mempermudah pelayanan kesehatan pada masyarakat,” ujar Rai Mantra. Damakesmas dikoordinir Dinas Penanggulangan Bencana Daerah dan bekerjasama dengan seluruh puskesmas yang ada di Kota Denpasar.

Damakesmas ini akan menjangkau pelayanan kesehatan pada masyarakat sampai ke pelosok-pelosok terutama masyarakat kurang mampu. Petugas kesehatan akan dilengkapi dengan kendaraan sepeda motor dan mobil kecil sehingga petugas kesehatan bisa langsung datang ke rumah-rumah. Untuk mempermudah pelayanan kesehatan masyarakat dapat menelpon 112 atau 223333 dimana petugas kesehatan akan langsung datang ke tempat masyarakat yang membutuhkan.

“Program ini merupakan pendekatan pelayanan kesehatan pada masyarakat sehingga masyarakat Kota Denpasar mendapat pelayanan yang merata di bidang kesehatan. Ini merupakan program home care dimana pelayanan kesehatan langsung jemput bola ke rumah masyarakat,” ujar Rai Mantra. Yang terpenting akses kesehatan masyarakat di Kota Denpasar terus dipermudah. Rai Mantra berharap perbekel dan lurah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terhadap program-program pelayanan kesehatan ini.

Sementara untuk program UHC, Rai Mantra berharap dapat memberikan jaminan kesehatan pada seluruh masyarakat Kota Denpasar sehingga semua terlayani melalui BPJS kesehatan. Untuk masyarakat miskin di Kota Denpasar semua telah tertangani melalui pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS). Termasuk juga masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap dapat terlayani melalui BPJS Kesehatan. “Saya harapkan program ini dapat memfasilitasi layanan kesehatan pada  semua masyarakat di Kota Denpasar,” harap Rai Mantra.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr. Luh Putu Sri Armini menambahkan dalam meningkatkan gerakan masyarakat hidup sehat, berbagai kegiatan telah dilakukan salah satunya safari kesehatan. Termasuk juga peluncuran proram pelayanan kesehatan yang langsung menyasar ke rumah warganya melalui program Damakesmas. Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Denpasar juga memberikan jaminan kesehatan pada masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan tidak tetap melalui pelayanan BPJS Kesehatan. Dengan demikian semua masyarakat kedepannya tidak ada kendala untuk pemeriksaan kesehatan dengan BPJS kesehatan tersebut. *m

Komentar