nusabali

Janger Inovatif Meriahkan Klungkung Menari

  • www.nusabali.com-janger-inovatif-meriahkan-klungkung-menari

Pementasan acara Klungkung Menari pada akhir pekan November 2017 menampilkan Sekaa Janger PKK Banjar Kaja Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali
Janger berlakon 'Krodha Dewi Danu', jenis janger inovatif yang dipentaskan di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kota Semarapura, Sabtu (25/11).

Pementasan disambut antusias penonton. Hadir juga Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Klungkung.

Menurut Pembina Sekaa Ida Ayu Agung Yulia Suati, pementasan ini terinspirasi dari musin hujan dan kemarau saat ini yang tidak menentu atau tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Inspirasi tersebut dituangkan dalam janger dengan lakon Krodha Dewi Danu sebagai penguasa air.

Lakon Krodha Dewi Danu yang dipentaskan adalah media untuk mengingatkan agar tidak sembarangan menggunakan air dan pengingat akan pentingnya menjaga air sebagai sumber kehidupan.

Ida Ayu Yulia menyampaikan Sekaa Janger PKK Banjar Kaja, Desa Lembongan dibentuk sekitar empat bulan lalu dengan anggota 20 orang (10 janger dan 10 kecak). "Terima kasih kepada Pemkab Klungkung dengan program inovasi Klungkung menari menjadi ruang gerak bagi seniman sehingga bisa membangkitkan kesenian di Klungkung," sebutnya.

Kepala Bidang Kesenian, Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung I Komang Sukarya menyampaikan, pementasan ini rutin digelar setiap bulan minggu terakhir. Program Klungkung menari menampilkan berbagai kesenian dari semua kecamatan di Kabupaten Klungkung, secara bergilir. "Pementasan ini juga tergantung dari kesiapan masing-masing sekaa," ujarnya. *wan

Komentar